UBAYA Beri 1.000 Beasiswa untuk Anak Bangsa hayuning March 19, 2021

UBAYA Beri 1.000 Beasiswa untuk Anak Bangsa

Festival Beasiswa Semar sebagai Bentuk Kepedulian dan Kado Ulang Tahun ke-53 Ubaya
Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Universitas Surabaya (Ubaya) terus berkembang, berinovasi, dan meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Perjalanan panjang dari 1968 hingga 2021 itu tidak terlepas dari peran dan dukungan masyarakat. Dalam rangka ulang tahun atau dies natalis ke-53, Ubaya meluncurkan Festival Beasiswa Semar (Sebelas Maret) untuk 1.000 anak bangsa Indonesia. Beasiswa Semar menjadi bentuk kepedulian dan kado istimewa Ubaya bagi seluruh masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19.
Para generasi penerus bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diberi kesempatan meraih beasiswa hingga 100 persen. Kepedulian Ubaya tersebut juga bertujuan agar anak bangsa yang berpotensi bagus, namun tidak mampu atau terganggu ekonominya karena pandemi tidak menunda atau berhenti kuliah.
‘Saya mengundang seluruh anak bangsa lulusan SMA/SMK dari seluruh Indonesia yang memiliki potensi akademik bagus dan minat kuliah tinggi untuk mendaftar berkompetisi mendapat beasiswa Semar ini,’ ujar Rektor Ubaya Benny Lianto.
Beasiswa Semar adalah beassiwa khusus yang dikeluarkan satu hari, tepat pada 121 Maret, yang merupakan hari perayaan ulang tahun atau dies natalis Ubaya. Biaya formulirnya pun mengikuti kombinasi tanggal-bulan-tahun cantik, yakni Rp 11.321. Beasiswa itu terbuka untuk seluruh fakultas program diploma (D-3), sarjana (S-1), magister (S-2), dan doktoral (S-3) di Ubaya. Melalui program itu, calon mahasiswa berkesempatan meraih beasiswa hingga potongan 100 persen USP (uang sumbangan pendidikan) dan UPP (uang penyelenggaraan pendidikan) selama masa studi normal.
Terdapat enam kategori dalam Beasiswa Semar (baca grafis). Prosedur pendaftaran beasiswa dilakukan secara online. Khusus jenjang studi D-3 dan S1 melalui laman daftar.ubaya.ac.id dan mengirimkan rapor selama SMA atau sederajat. Sementara itu, jenjang studi S-2 dan S-3 melalui laman daftar.ubaya.ac.id/pasca dan mengirimkan transkrip serta ijazah S-1 atau S-2. Seluruh berkas dikirimkan ke alamat e-mail beasiswappmb@unit.ubaya.ac.id dengan subject Beasiswa Semar paling lambat 13 Maret 2021. Pengumuman penerima beasiswa akan diumumkan pada 18 Maret 2021.
Terdapat beberapa persyaratan Beasiswa Semar yang perlu diperhatikan bagi calon mahasiswa Ubaya. Pertama, pendaftaran Beasiswa Semar diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang lulus di tiga tahun terakhir, yakni 2021, 2020, dan 2019. Pada kesempatan itu, calon mahasiswa hanya boleh mendaftar di satu pilihan jurusan. Beasiswa Semar juga tidak berlaku untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan program profesi. Yakni, PSPA, PSPD, dan PPAk.
Selanjutnya, calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan program magister (S-2) wajib memiliki IPK minimal 3.00. Untuk program doktoral (S-3), IPK-nya minimal 3.40.
Calon mahasiswa yang mendaftar pada 11 Maret 2021 mendapat harga spesial untuk biaya pendaftaran, yakni Rp 11.321. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan paling lambat pada 11 Maret 2021 pukul 19.00 WIB. Namun, bagi calon mahasiswa program S-1 fakultas kedokteran, ada tambahan biaya Rp. 900.000. Biaya tambahan itu digunakan untuk seleksi khusus seperti wawancara, medical checkup, dan atau psikotes. Untuk program magister (S-2) dan doktoral (S-3) dikenakan biaya tambahan Rp 500.000 untuk tes seleksi dan wawancara.
Pendaftaran Beasiswa Semar dibuka hanya pada 11 Maret 2021 pada pukul 07.00-18.30 WIB (hanya 11 jam 30 menit). Raih kesempatan mendapatkan Beasiswa Semar. Jangan tunda kuliah, segera daftarkan diri Anda. Info lebih lanjut buka https://ubaya.ac.id dan jadilah bagian dari masa depan Indonesia yang lebih baik. (c12/kkn).
Sumber: JawaPos, 10 Maret 2021