Matangkan Soft Skill dan Hard Skill di Perkuliahan untuk Memasuki Dunia Kerja hayuning March 12, 2021

Matangkan Soft Skill dan Hard Skill di Perkuliahan untuk Memasuki Dunia Kerja

Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Universitas Surabaya menggelar webinar ‘Prepare Yourself for Your Future: What Should We Do During College’. Webinar ini diadakan pada Sabtu, 27 Februari 2021 pukul 12.30-15.05 WIB secara online melalui Zoom. Teddy Diego sebagai Founder Terminal HRD Karir Indonesia dan Founder Asesme Indonesia serta Sherly Annavita Rahmi sebagai digital creator dan influencer hadir menjadi narasumber dalam webinar kali ini. Mahasiswa-mahasiswi dari universitas lain turut hadir pula dalam acara ini, seperti dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Pamulang.

Materi ‘Apa yang Dunia Kerja Inginkan dari Fresh Graduate?’ dibawakan oleh Teddy pada sesi pertama. Teddy memperkenalkan perubahan skills yang dibutuhkan pada tahun ini dengan tahun depan. “Jangan hanya berpatokan pada apa yang didapatkan di kampus saja, jadi pengetahuan kita harus diupdate terus menerus,” tukas Teddy. Selain skills, Teddy membagikan tips dan trik untuk membuat CV yang baik dan menarik. Sesi kedua dibawakan oleh Sherly dengan materi ‘Pentingnya Soft Skill dan Hard Skill sebagai Penunjang Karir’. “Kualitas individu sangat dapat dilihat dan ditentukan dari mindset serta sikapnya,” tegas Sherly. SMART Goal Setting dipaparkan oleh Sherly sebagai alat untuk mempermudah dalam mengukur pengembangan soft skill dan hard skill.

Di sesi tanya jawab Pramuja Baydillah, mahasiswa Institut Sepuluh Nopember, bertanya mengenai cara untuk menanamkan soft skill di masa pandemi dan cara mendapat pekerjaan yang diinginkan. “Ketahui dan lakukan riset terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang kita inginkan,” tanggap Teddy. Jika sudah mengetahui tentang kebutuhan pekerjaan yang diinginkan, maka dengan mudah untuk mengetahui skill apa saja yang harus dikembangkan. “Practice makes us perfect, makin sering dilakukan maka akan semakin ahli kita dalam bidang tersebut,” pesan Sherly. (han)