Heroes Alliance 11: The Ancient Pendant hayuning January 20, 2021

Heroes Alliance 11: The Ancient Pendant

Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) kembali menggelar kompetisi tahunan tingkat SMA/SMK sederajat. Sedikitnya 98 tim beranggotakan tiga orang dari berbagai SMA/SMK sederajat turut bersaing memperebutkan gelar juara Heroes Alliance (HEAL) yang ke-11.

Bertemakan Indiana Jones, lomba akuntansi ini diharapkan dapat membuat peserta memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, fokus dalam mencapai tujuan dengan memiliki integritas, dan mampu beradaptasi dengan perubahan. Nicolaus Matthew Wijaya, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi 2019 selaku Ketua Panitia menyampaikan jika HEAL 11 memiliki tiga nilai penting. “Diharapkan melalui lomba ini, teman-teman bisa mendapatkan nilai-nilai penting, seperti: responsive, consistency, dan prudence,” ujarnya. Terhitung sejak 15 Januari 2021, lomba tersebut dilangsungkan secara daring selama tiga hari melalui aplikasi Zoom.

“Meski teknologi berkembang pesat danartificial intelligence (AI) digadang-gadang dapat menggantikan manusia, tapi bagaimanapun juga sentuhan manusia tetap dibutuhkan,” ujar Dr. Putu Anom Mahadwartha S.E., M.M., CSA. selaku Dekan FBE Ubaya. Selain itu, Dr. Dedhy Sulistiawan S.E., M.Sc., Ak., CA. selaku Ketua Jurusan Akuntansi Ubaya turut menambahkan bahwa berbagai perusahaan startup semakin berkembang. “Dengan begitu, demand untuk para akuntan akan semakin banyak juga,” ujarnya.

Dengan mengujikan materi akuntansi umum, para peserta harus berkompetisi di empat babak besar. Babak pertama mengusung judul Exordium Touchstone yang dibagi menjadi dua sesi. Kompetisi pada babak tersebut dilakukan dengan mengerjakan soal Quizziz dan bermain ular tangga. Lain halnya dengan babak pertama, pada babak kedua yang berjudul Call from Middle, peserta mengerjakan soal-soal secara individu. Sedangkan, di babak ketiga yang berjudul Assemble the Guidance, peserta mengerjakan soal-soal secara berkelompok. Cave of the Ruin menjadi babak terakhir dari HEAL 11, peserta bermain rally games secara online pada babak ini.

Setelah berkompetisi selama tiga hari, diperoleh hasil bahwa Juara I diraih oleh SMK Kristen Immanuel 2 Pontianak, Runner Up I diraih oleh SMA Kristen Petra 1 Surabaya, Runner Up II diraih oleh MAN 2 Malang, dan Runner Up III diraih oleh SMAN 1 Andong Boyolali. Para Runner Up mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, beasiswa, dan uang tunai. Sedangkan, Juara I mendapatkan tambahan penghargaan berupa piala bergilir yang diserahkan secara simbolik oleh Dr. Dedhy Sulistiawan S.E., M.Sc., Ak., CA. selaku Ketua Jurusan Akuntansi Ubaya. Heroes Alliance 11 dapat terselenggara disponsori oleh Accurate, sebuah software akuntansi cloud yang dapat memudahkan pencatatan transaksi dan menghasilkan laporan keuangan dalam waktu singkat. Info lebih lanjut silahkan kunjungi https://accurate.id (RE1, jr)