Rancang Gaun Bertema Pohon Natal hayuning December 30, 2020

Rancang Gaun Bertema Pohon Natal

Surabaya – Menyambut Hari Raya Natal, mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Fashion dan Produk Lifestyle Universitas Surabaya (Ubaya) merancang busana unik. Gaun bertema Spirit of Christmas tersebut dirancang untuk mewakili snowman, pohon Natal, dan Santa Klaus. Tiga busana itu ditampilkan di Perpustakaan Ubaya.
Janice Erica, salah seorang mahasiswa Fakultas Industri Kreatif (FIK) Ubaya, menjelaskan bahwa gaun yang dibuatnya kali ini berkonsep pohon Natal. Sebab, hal tersebut sangat identik di setiap perayaan Natal setiap tahun. Kemudian, pohon itu disimulasikan ke dalam dress. Bahan-bahan yang digunakan adalah kain tile yang dipotong persegi. Lalu, disusun menjadi pohon membentuk jubah atau rompi. ‘Kesulitannya, memotong tile. Susah. Jadi, pohonnya ini dibikin kayak sayap,’ katanya.
Janice mengungkapkan, kreasi busana yang dibuat bersama timnya tersebut merealisasikan bahwa Natal masih bisa dirayakan bersama di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan membuat kreativitas. ‘Kami butuh waktu 2-3 minggu untuk membuat busana ini,’ ujarnya.
Dosen mata kuliah kreativitas FIK Ubaya Viviany menyatakan, kreativitas mahasiswa FIK Ubaya semester I itu sangat luar biasa. Padahal, dalam menyelesaikan tugas merancang busana, mereka terkendala jarak. Komunikasi dan diskusi pun harus dilakukan secara jarak jauh. ‘Hasilnya di luar ekspektasi. Karya mereka bagus.’
Viviany menuturkan, karya mahasiswa kali ini mengambil tema Spirit of Christmas. Dari situ terlihat teamwork mereka yang begitu bagus. Natal membicarakan kebersamaan. ‘Jadi, makna Natal bisa diterapkan dalam proses mereka membuat kreativitas busana tersebut,’ jelasnya. (ayu/c14/dio)
Sumber: Jawa Pos, 19 Desember 2020