Ubaya Gelar Upacara Sumpah Pemuda secara Daring untuk Kali Pertama hayuning November 18, 2020

Ubaya Gelar Upacara Sumpah Pemuda secara Daring untuk Kali Pertama

Meskipun sedang di masa pandemi, Universitas Surabaya tetap mengadakan Upacara Sumpah Pemuda ke-92 pada Rabu, 28 Oktober 2020. Upacara yang dipimpin langsung oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Rektor Universitas Surabaya (Ubaya) didampingi oleh pihak rektorat beserta jajarannya secara daring melalui Zoom dan YouTube. Bersatu dan Bangkit menjadi tema dari Upacara kali ini yang turut dihadiri sedikitnya 1000 peserta di kedua platform tersebut.

“Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Hanya dengan persatuan, kita dapat melewati setiap persoalan yang kita hadapi saat ini. Hanya dengan persatuan, dengan bergandengan tangan, bekerja sama, dan bergotong royong, kita pasti bisa bangkit menghadapi permasalahan-permasalahn yang kita hadapi saat ini, terutama masa pandemi Covid-19,” tutur Benny saat amanat berlangsung.

Menurut Benny pada amanatnya, tema Bersatu dan Bangkit sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, terkhusus bagi Pemuda. Hal itu dikarenakan seorang pemuda memiliki sebuah karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, kemandirian, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Selain itu, pada kesempatan kali ini Ubaya turut menetapkan dan mengukuhkan pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun akademik 2020/2021. Terdapat 139 mahasiswa dari 29 Ormawa yang ditetapkan sebagai pengurus Ormawa di tingkat universitas. Begitu juga dengan pemberian beasiswa semester Gasal tahun akademik 2020/2021 kepada total 1340 mahasiswa, dengan jumlah 1262 mahasiswa menerima Beasiswa dari Ubaya.

Beasiswa-beasiswa yang diberikan terdiri dari: Beasiswa Prestasi Kurikuler, Beasiswa Aktivis, Beasiswa Penalaran dan Kreativitas, Beasiswa Olahraga dan Seni, Beasiswa Olahraga Khusus Bola Basket, Beasiswa Biaya Pendidikan (BBP-Simpati), Beasiswa Anak Guru, Beasiswa PP.Karyawan Ubaya, Beasiswa Bidikmisi Poltek, Beasiswa Keluarga Besar Aktif Alumni, Beasiswa Lomba Akademik Ubaya Juara 1, Beasiswa Prestasi Akademik SMA, Beasiswa Prestasi Olahraga dan Seni, Beasiswa Prestasi Unggulan , Beasiswa Prof. Mr.R. Boedi Soesetya, Beasiswa Sosial Ekonomi, Beasiswa Ubaya Peduli Covid 19, Beasiswa PT. Adaro Indonesia, Beasiswa Yayasan salim, Beasiswa PT. Djarum Foundation, Beasiswa Polygon, Beasiswa Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah.(jr)