Merayakan Mental Health Day 2020 dengan Membangun Self Awareness hayuning October 27, 2020

Merayakan Mental Health Day 2020 dengan Membangun Self Awareness

Radio Kampus Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar talk show bertema World Mental Health Care di Masa Depan Pandemi Covid-19. Bekerja sama dengan Peer Group Laboratorium Klinis Psikologi Ubaya, talk show ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Mental Health Day 2020. Talk show diadakan pada Sabtu, 10 Oktober 2020 melalui Instagram Live. Albertus Alfianto, mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2017, selaku Ketua Divisi Pendidikan Masyarakat Peer Group Laboratorium Klinis Psikologi Ubaya hadir sebagai pembicara pada talk show kali ini.

Di era yang semakin kompetitif ini kesehatan mental menjadi salah satu isu yang cukup hangat. “Penyakit mental juga merupakan penyakit yang serius, tidak hanya penyakit fisik saja yang serius,” ujar Alfi. Informasi mengenai kesehatan mental juga perlu diketahui sedini mungkin dengan tujuan untuk membangun self awareness terkait kesehatan mental pribadi. Alfi memberi tips sederhana yang dapat dilakukan sendiri untuk mengetahui kondisi mental, yaitu dengan cara self talk. “Sebisa mungkin self talk dengan kalimat-kalimat yang positif, agar nantinya perilaku dan pikiran kita akan mengarah pada hal-hal positif,” papar Alfi.

Situasi pandemi saat ini mengharuskan kita untuk memperhatikan kesehatan mental. Terjadinya pandemi menyebabkan berbagai macam tekanan sehingga sadar atau tidak sadar, mental kita bisa saja menjadi lelah. Alfi menyampaikan bahwa mental yang lelah bisa berujung pada penyakit mental yang lebih serius. “Tetap berkomunikasi dengan orang lain dan melakukan berbagai kegiatan dapat mengurangi stres,” ungkap Alfi.

Salah satu peserta, Donny Erwanto, mengajukan pertanyaan mengenai bagaimana aksesibilitas pengobatan kesehatan mental setara dengan pengobatan kesehatan fisik saat ini. “Saat ini jumlah psikolog sudah cukup banyak sehingga aksesibilitas pengobatan mental tidak sesulit dahulu,” ujar Alfi. Selain itu Alfi juga menyampaikan fasilitas konseling milik Ubaya yang dapat digunakan oleh umum yaitu Pusat Konsultasi dan Layanan Psikologi (PKLP) Ubaya. Sedangkan fasilitas konseling yang dapat digunakan mahasiswa Ubaya adalah Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa (KPDM) Ubaya. (han)