Protokol Kesehatan Baru Pada Klinik Kesehatan hayuning September 7, 2020

Protokol Kesehatan Baru Pada Klinik Kesehatan

Ilustrasi: freepik.com (@freepik)

Klinik Pratama Universitas Surabaya (Ubaya) bekerja sama dengan PT. Sanbe Farma Indonesia menggelar webinar kesehatan pada Sabtu, 22 Agustus 2020 kemarin. Tujuan webinar kali ini adalah untuk membagikan pengetahuan seputar pencegahan covid-19 dan perilaku kebiasaan baru berdasarkan protokol kesehatan yang perlu diterapkan setiap harinya. Selain membahas mengenai kebiasaan baik pada masyarakat, para dokter dari klinik pratama ubaya ini juga membawa materi seputar protokol kesehatan terbaru pada klinik kesehatan.

“Indonesia saat ini memang sudah merah, memang kasusnya semakin meningkat. Tetapi saya yakin dan percaya bahwa jika semua masyarakat bisa bekerjasama dengan taat menerapkan protokol kesehatan maka Indonesia dapat kembali hijau dan aman,” ujar dr. Christian Hanjokar selaku pembicara webinar pagi itu sekaligus salah satu dokter klinik pratama ubaya. Beliau juga menjelaskan bahwa kita tidak perlu takut berlebihan namun harus tetap waspada.

Selain itu, pada masa pandemi ini banyak orang menjadi takut untuk datang ke klinik untuk sekedar berobat. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa klinik menjadi tempat terawan penyebaran virus. “Sebenarnya semua tempat itu beresiko tapi tergantung bagaimana kita menanganinya, seperti dengan melakukan protokol kesehatan dan tetap berfikir positif. Jadi kita harusnya merubah stigma negatif mengenai keamanan berobat di klinik,” jelas dr.Christian Adithya Suwito saat menjelaskan materinya. Hal serupa juga terjadi pada spesialis gigi, namun bedanya saat masa ini poli gigi lebih membatasi jenis perawatan seperti hanya akan menerima pasien gawat darurat, mengingat penyebaran virus lebih banyak terjadi dari permasalahan tenggorokan dan pernafasan.

“Didalam upaya untuk mencegah kontaminasi, maka dokter gigi juga disarankan untuk menggunakan APD, standar ruangan praktek juga tentunya harus diperbarui sesuai kebijakan baru,” ungkap Prof. Dr. Retno Pudji Rahayu, drg., M.Kes., SpPMM (K) selaku pembicara sekaligus penanggung jawab klinik pratama ubaya. Saat ini semua klinik tentunya akan menerapkan kebijakan baru untuk kenyamanan pasiennya. Seperti klinik pratama ubaya yang saat ini sudah menerapkan segala protokol kesehatan pada sistemnya. Seperti sebelum masuk klinik, para pasien dilakukan pemeriksaan yang sesuai. Selain itu jumlah kuota pasien akan dibatasi untuk menghindari kerumunan. Hal itu diterapkan agar pasien merasa aman, nyaman dan tidak perlu takut untuk datang berobat ke klinik. (mad)