Mudahnya Belanja dan Berbisnis Online hayuning August 19, 2020

Mudahnya Belanja dan Berbisnis Online

Ilustrasi: freepik.com (@macrovector)

Program studi Manajemen Pemasaran Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar webinar pada Senin 3 Agustus 2020 kemarin. Acara pagi itu diikuti oleh banyak kalangan meliputi mahasiswa, pelajar, hingga dosen dan pengajar. Tujuan diadakan webinar kali ini adalah sebagai pemanfaatan segala bentuk media online, yang tak hanya memudahkan untuk berbelanja namun juga memberikan peluang besar untuk berbisnis. Apalagi dalam era new normal saat ini yang sebagian aktivitasnya lebih banyak menggunakan sarana media online.

“Dalam kegiatan berbelanja online saat ini, kita lebih dimudahkan dengan adanya aplikasi m-banking untuk melakukan pembayaran. Selain itu sudah banyak juga produk-produk e-wallet yang sangat membantu dalam bertransaksi,” ujar Sadana Devica, SE., M.M. selaku dosen prodi manajemen pemasaran sekaligus pemateri pagi itu. Sebagai orang yang pernah berada di bidang perbankan cukup lama, Sadana juga menjelaskan bahwa dengan kemudahan tersebut, peningkatan kewaspadaan harus tetap diterapkan. Beliau juga memberikan tips-tips agar dapat bertransaksi secara aman, dan solusi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti media online yang dapat digunakan untuk lebih menjangkau pembeli dari berbagai wilayah. Waktu dalam bertransaksi pun juga jadi lebih fleksibel dan mudah berkomunikasi,” jelas Rahmat Saleh S.E., M.S.M. saat memberikan materinya. Beliau juga menjelaskan keuntungan penggunaan e-commerce dalam berbisnis saat ini.

Dalam menjalankan bisnis online, Rahmat juga menegaskan agar lebih agresif dalam melakukan aktifitas penjualan karena merupakan poin penting keberhasilan. Seperti lebih rajin memposting produk di berbagai sosial media, menggunakan platform e-commerce, membuat website resmi, hingga memberikan promo-promo menarik untuk menarik pelanggan. “Karena sosial media saat ini lebih menjangkau target pasar yang lebih luas, bahkan saat ini sosmed menyediakan juga fitur-fitur penunjang untuk memudahkan berbisnis. Selain itu bisa juga mengadakan promo seperti flash sale. Terkadang pembeli yang tidak ada niat jadi membeli karena melihat harga promo,” tutupnya. Selain webinar pada hari itu, prodi manajemen pemasaran Politeknik Ubaya juga memiliki serangkaian jadwal webinar mendatang dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. (mad)