Kiprah Alumni Prodi Bahasa Inggris Bisnis Hingga International hayuning August 5, 2020

Kiprah Alumni Prodi Bahasa Inggris Bisnis Hingga International

Dikemas dengan menarik, webinar ini sukses membuat peserta penuh perhatian dan antusias. Melalui konsep seperti sedang bercengkrama, Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Politeknik Ubaya telah mengadakan webinar pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020. Kegiatan tersebut yaitu “Ngobrol Santai bersama Alumni Bahasa Inggris Bisnis yang Berkarir di Luar Negeri.” Webinar ini dihadiri oleh 76 peserta yang meliputi siswa SMA/SMK, mahasiswa Ubaya dan mahasiswa Non Ubaya. Peserta juga berasal dari berbagai daerah seperti Timika, Kupang, Sanggau, Kediri, Bondowoso, Manado, Malang, Bandung, Tarakan dan Surabaya.

“Tujuan dari diadakannya webinar ini yaitu memberikan informasi kepada masyarakat luas bahwa Politeknik Ubaya sebagai Politeknik Unggul memiliki sebuah Program Studi Bahasa Inggris Bisnis yang juga dapat menghasilkan lulusan yang unggul yang tidak hanya berkiprah di level nasional tapi juga internasional,” ungkap bapak Yerly A. Datu, S.Pd, M.Pd. selaku moderator serta Ketua Program Bahasa Inggris Bisnis.

Webinar kali ini menghadirkan tiga narasumber dengan berbagai latar belakang dan pengalaman yang berbeda-beda. Narasumber pertama yaitu Kartika Eka Paksi yang berada di Sidney, Australia. Narasumber kedua yaitu Jamal El-Lail di Malaysia serta Regina Fitria yang berada di Jepang. Ketiga narasumber tersebut membagikan pengalamannya baik selama pendidikan maupun sewaktu bekerja.

“Bahasa inggris memerlukan latihan yang cukup banyak hingga akhirnya menemukan rasa percaya diri. Hal ini dikarenakan bahwa “Learning English is a Habit Formation” dan oleh karena “English is as a Foreign Language” maka membutuhkan investasi waktu yang panjang untuk melatihnya sehingga menikmati prosesnya jauh lebih penting,” tutur Kartika Eka Paksi dalam sesinya. Para alumni juga berpesan untuk perbanyak “exposure” keluar bersama dengan orang yang memiliki “mindset” yang sama untuk belajar Bahasa Inggris agar tercipta komunitas yang kondusif untuk sama-sama belajar dan berkembang.

Pengembangan diri seperti seminar dan workshop tentunya sangat diperlukan guna mempertajam dan memperkaya keterampilan Bahasa Inggris seorang mahasiswa.Terus memacu dan mengasah hardskill dan softskill akan menjadikan diri sebagai seorang profesional yang unggul. Diakhir webinar ini, bapak Yerly mengungkapkan bahwa Ubaya memiliki Pendidikan Vokasi yang Unggul, salah satu yang terbaik di Jatim dan Indonesia sehingga Program Studi Bahasa Inggris yang menjadi bagian didalamnya dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat dan tentunya diharapkan mahasiswa juga memiliki kebanggaan tersendiri untuk program yang sedang dijalani dan kedepannya dapat membuktikan keunggulan tersebut di masyarakat nasional maupun internasional. (bf)