Tambah Pengetahuan Dengan OTW Ubaya #5 hayuning June 22, 2020

Tambah Pengetahuan Dengan OTW Ubaya #5

Online Talk With Universitas Surabaya (OTW Ubaya) kembali digelar kelima kalinya pada 9-11 Juni 2020. Webinar ini bertujuan supaya tetap ada komunikasi dengan siswa/i yang akan masuk ke perguruan tinggi. Berlangsung menggunakan Zoom, kegiatan ini menyediakan tiga narasumber yang berbeda tiap harinya. Kegiatan pertama dibuka oleh Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP., IPM., ASEAN Eng selaku Dekan Fakultas Industri Kreatif.

Markus membawakan materi mengenai “How to Study @Home Comfortably”. “Ada Ergonomic untuk mengetahui bagaimana kita mencoba membuat suasana yang lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan kita,” jelasnya. Menurutnya, posisi dan kondisi tubuh harus diperhatikan agar ada kenyamanan saat belajar. Markus juga memberikan beberapa saran lainnya, yaitu: jaga postur, istirahatkan diri setelah dua jam belajar, beri penerangan yang baik pada tempat belajar, pastikan diri untuk tidak dehidrasi, tidur yang cukup, dan masih banyak lainnya.

Pada materi kedua, Eric Wibisono S.T., M.Eng., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Teknik Ubaya menyampaikan materi tentang ‘Efisien dan Produktif: New Normal untuk Industri Masa Depan’. ‘New normal ini bukan sekadar protokol–physical distancing atau masker dsbnya…tetapi lebih ke arah pola pikir yang lebih tajam,’ jelas Eric. Pasalnya, pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh dalam sektor industri dan pekerjaan. Dilansir dari katadata.co.id, pada tanggal 13 April terdapat 2,8 juta pekerja formal yang terkena dampak. Hal ini tentunya berpengaruh pada perilaku industri dan masyarakat.

Lebih jauh lagi, Eric menjelaskan bahwa perubahan perilaku masyarakat ini ditandai dari adanya pengurangan hal-hal yang non esensial. Salah satunya mengenai perilaku minum kopi. Perilaku ini adalah salah satu contoh pemahaman memanfaatkan sumber daya yang kita miliki (uang), dan dihabiskan dengan cara yang lebih efisien (hemat sumber daya).

Diskusi ketiga dilanjutkan oleh Johan Sukweenadhi, Ph.D selaku Dosen Fakultas Bioteknologi dengan membawakan materi mengenai “Khasiat Tanaman Herbal dalam Antisipasi Covid-19”. Materi ini sendiri telah disampaikan pada OTW Ubaya #1. Johan berpendapat bahwa obat tradisional merupakan ramuan bahan yang telah turun temurun digunakan oleh masyarakat. Dalam pencegahan covid-19, tanaman herbal banyak dikonsumsi agar meningkatkan daya tahan tubuh. “Perlu diperhatikan proses pemakaiannya supaya tidak ada proses alergi, karena setiap individu memiliki alergi tertentu,” tambahnya.

Pemaparan materi pada OTW Ubaya #5 dirasa menarik dan seru. “Tema yang dibawakan menarik dan moderator serta pembicaranya bagus dalam membawakan materi,” ujar Jennifer Andrea, siswi SMA Santo Carolus Surabaya. Selain itu, Jennifer berharap agar kegiatan ini bisa mengkombinasikan beberapa tema yang inspiratif. “Bisa juga dihubungkan dengan teknologi daripada hanya teori, tapi kegiatan ini tetap seru karena bisa berbagi informasi,” tambahnya. (et)