Produksi Hand Sanitizer dari Lidah Buaya hayuning March 9, 2020

Produksi Hand Sanitizer dari Lidah Buaya

Surabaya – Wabah virus korona yang kian merebak membuat berbagai produk antiseptik langka dan mahal. Misalnya, hand sanitizer. Hal itu pun mendorong mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) membuat produk alami dari ekstrak lidah buaya.
Kemarin (6/3) para mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa Cosmetology STudy Group (KSM CSG) itu membuat hand sanitizer di Laboratorium Semi Solid Likuid Gedung FB, Ubaya Tenggilis. Produk itu digunakan untuk kebutuhan antiseptik di kampus.
Dosen Fakultas Farmasi Ubaya Endang Wahyu Fitriani SFarm Apt MFarm mengatakan, para mahasiswa memproduksi hand sanitizer sendiri untuk lingkungan Ubaya. Bahan dasarnya lidah buaya. Sebab, lidah buaya memiliki kandungan disinfektan seperti alkohol plus dapat melembapkan kulit. ‘Jadi, antiseptik yang dibuat lebih optimal dengan memanfaatkan tanaman yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar,’ ucapnya.
Cara membuatnya, lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya dicuci bersih untuk mengeluarkan getahnya. Setelah dipotong-potong, blender dan saring. ‘Ekstrak dari penyaringan itulah yang digunakan sebagai hand sanitizer. Konsentrasi ekstrak lidah buaya yang digunakan hanya 1 persen. Ditambah etanol 70 persen yang berfungsi sebagai disinfektan,’ jelas Endang. (ayu/c18/dio)
Sumber: Jawa Pos, 8 Maret 2020