Pelatihan e-Filing Bagi Calon Relawan Pajak hayuning January 30, 2020

Pelatihan e-Filing Bagi Calon Relawan Pajak

Tepat pada 21 Januari 2020, Program Studi Perpajakan Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) menerima tamu istimewa. Tamu tersebut adalah tim penyuluh dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur 1. Dua orang tim penyuluh hadir untuk mengisi acara dengan tajuk: “Pelatihan e-Filling Bagi Relawan Pajak”. Acara ini dihadiri setidaknya 35 mahasiswa dari Program Studi Perpajakan Politeknik Ubaya dan Universitas Katolik Dharma Cendika. Acara dilakukan di Ruang B.1.1 Kampus I Ubaya Ngagel.
“Sosialisasi relawan pajak ini penting. Pergunakan waktu sebaik-baiknya supaya ketika anda terjun ke dunia kerja akan lebih siap,” tutur Drs. Norbertus Purnomolastu, Ak., M.M., selaku salah satu dosen dari Program Studi perpajakan. Menurutnya, kesempatan dan pengalaman ini akan membedakan peserta dengan lulusan lain. Pasalnya, hal ini akan menambah kompetensi mereka di tempat kerja.
Hal serupa pun disampaikan oleh Eria, selaku Tim Penyuluh Kanwil DJP Jatim 1. “Tidak semua orang dapat kesempatan jadi relawan pajak,” tukasnya. Ia pun menekankan bahwa peserta yang hadir adalah mahasiswa pilihan. Hal ini akan menjadi daya pembeda ketika mahasiswa mendaftar pekerjaan.
Monic, mahasiswi Politeknik Program Studi Perpajakan Ubaya semester 3 pun membenarkan hal tersebut. “Saya memang ikut ini supaya tidak kaget dengan dunia kerja,” tukasnya. Eria pun menganggap mindset ini adalah mindset yang baik, sebab relawan pajak adalah perpanajngan tangan dari DJP yang membantu pelaporan SPT Tahunan Pribadi Karyawan (non-Wirausaha). Pada kesempatan kali ini, Eria pun menginfokan kepada calon relawan mengenai aplikasi e-filing dan peranananya dalam pelaporan pajak.
“Jangan takut dan cemas, kalau bicara soal pelayanan itu harus berfokus dari hati. Semua untuk masyarakat,” tutup Eria. (sml)