Heroes Alliance 10: We Are The Heroes hayuning January 21, 2020

Heroes Alliance 10: We Are The Heroes

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya(Ubaya) kembali menyelenggarakan perlombaan Heroes Alliance (HEAL) ke 10. Tepat pada Minggu, 12 Januari 2019 semi-final dan final HEAL digelar di Ruang Serba Guna Fakultas Psikologi (SGFP), Kampus II Ubaya. “The Pirates: The Wrath of The Sea” adalah tema besar yang dibawakan.
Nico Albertnego, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi angkatan 2018, selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa pengambilan tema dari perlombaan HEAL sendiri memiliki tiga value, yakni: One Goal, Dauntless, dan Die Hard. “One Goal berarti kita harus memiliki satu tujuan yang sama, Dauntless bermakna jiwa yang kuat, dan Die Hard adalah usaha kita dalam mencapai tujuan tersebut,” tungkasnya.
Sedikitnya 52 tim dari berbagai SMA/SMK sederajat turut bersaing memperebutkan gelar juara. Perebutan juara ini tidak mudah, sebab tim “The Pirates” (sebutan untuk kubu peserta) harus mengikuti segala rangkaian acara. Mulai dari babak pertama, babak kedua, rally games pada hari pertama yang dilanjutkan semi-final dan final pada hari kedua. Perlombaan juga disajikan dengan cara yang unik dan tak membosankan, seperti semi-final dimana tim bersaing untuk mengalahkan musuh utama “The Pirates” yakni Kraken (makhluk mitologi) selagi mereka berfokus dalam pengerjaan soal dan mengatur strategi.
“Gamesnya seru sih, banyak permainan yang disajikan secara unik juga bikin capek,” tungkas Wilbert, Celine, dan Jamie, tim dari SMA Kristen BPK Penabur 3 Jakarta yang berhasil masuk ke babak final. “Deg-deg’an sih, pertanyaan dari juri juga mematikan,” tangkas salah satu anggota sewaktu babak Final yang berupa presentasi dihadapan tiga juri. Henry Yonathan, selaku pendamping dari tim BPK Penabur 3 turut menyampaikan jika kecepatan berhitung dan logika berpikir sangat penting dalam mengukur kemampuan peserta. Tetapi, terdapat faktor lain yang berpengaruh dalam pengukuran tersebut, yakni faktor keberuntungan. “Biarpun sekolah A materinya lebih jago dari sekolah B, belum tentu Sekolah A bakal menang,” jelas Henry.
Setelah dua hari bertanding maka diperoleh hasil bahwa Juara I jatuh kepada SMA Negeri Lumajang, Juara II jatuh kepada SMA Kristen 3 Penabur Jakarta, Juara III jatuh kepada SMA Kristen Petra 2, Juara Harapan I diraih oleh SMA Kristen Petra 1 Surabaya, dan Juara Harapan II diraih oleh SMA Negeri 1 Bojonegoro. Juara mendapatkan beasiswa potongan USP dan UPP uang tunai, sertifikat, dan piala Gubernur bergilir yang diberikan langsung oleh Dr. Dedhy Sulistiawan, S.E., M.Sc., Ak., CA., selaku Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.(jr)