PIMUS 9: Wujud Penghayatan Hymne Ubaya hayuning November 22, 2019

PIMUS 9: Wujud Penghayatan Hymne Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) melangsungkan kompetisi bergengsi untuk mahasiswanya pada tanggal 11-15 November 2019 silam. Kompetisi tersebut dikenal sebagai Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (PIMUS). Kompetisi yang menyertakan seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di Ubaya ini resmi dibuka pada hari Senin, 11 November 2019. Pembukaan ini diadakan pada Gedung MA lt 6, Kampus II Ubaya Tenggilis. Tahun ini, adalah tahun kesembilan PIMUS diadakan. Dengan mengusung tema “Collaborate Your Skill and Make a Magnificent Legacy” PIMUS dibuka dengan meriah. Dihadiri oleh Dr. Noviaty Kresna Darmasetiawan, S.Psi., M.Si., selaku Wakil Rektor II Ubaya , Dr. R.R. Christina Avanti, M.Si., Apt., selaku Wakil Rektor III Ubaya, serta Djuwari, S.T., Ph.D., selaku Wakil Rektor IV Ubaya. Acara juga dihadiri oleh perwakilan jajaran Dekanat masing-masing Fakultas yang ada di Ubaya.
“Saya berharap mahasiswa Ubaya bisa lebih menghayati hymne Ubaya. Dengan semangat Tri Dharma, saya berharap kita semua bisa menjadi umat manusia yang lebih baik,” tutur Christina selaku Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan. Ia pun berharap bahwa pelaksanaan PIMUS ini dapat menyeleksi mahasiswa terbaik untuk mewakili Ubaya ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), sebuah ajang bergengsi yang melombakan pemikiran-pemikiran terbaik seantero negeri.
“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi memeriahkan PIMUS 9,” ujar Eric Hartono, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika 2017, selaku ketua acara PIMUS 9 dalam sambutannya. PIMUS 9 kali ini terdapat enam cabang yang dilombakan, yakni: Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggris, Film Pendek, MIPA, Karya Tulis Ilmiah, dan Program Kreatif Mahasiswa (PKM) dengan total 1.134 mahasiswa,” lanjutnya.
Setelah lima hari bertanding diberbagai cabang, Fakultas Teknik dianugerahi Juara Umum di PIMUS 9. Fakultas Teknik unggul olimpiade MIPA dan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Piala bergilir pun dikembalikan kepada Fakultas Teknik, oleh Juara PIMUS sebelumnya, yakni Fakultas Psikologi. “PIMUS dilaksanakan untuk memberi wadah mahasiswa dalam penyaluran kemampuan dan penalarannya. Saya sangat berterima kasih kepada panitia PIMUS yang terus berkembang setiap tahunnya. Menang kalah itu hanya soal waktu,” sambut Ir. Benny Lianto, MMBAT., selaku Rektor Ubaya dalam penutupan PIMUS. (RE3,jr)