Takita, Transportasi Ramah Penyandang Disabilitas hayuning November 20, 2019

Takita, Transportasi Ramah Penyandang Disabilitas

Sarana transportasi online yang ada saat ini belum sepenuhnya ramah untuk penyandang disabilitas. Terutama bagi mereka yang menggunakan kursi roda.
Menyadari celah dari bisnis transportasi online yang ada saat ini, Junjun Junior Kusuma, Lucky Pratama Gani, Zoga Dwi Aprilio, Mayckel Siemamora, dan Christopher Tirtaadi, berinovasi membuat Takita atau Travel Kawan Disabilitas.
Kelima mahasiswa dari Universitas Surabaya (Ubaya) ini membuat website pemesanan transportasi khusus bagi disabilitas. ‘Takita ini hampir sama seperti aplikasi pemesanan ojek online saat ini. Bedanya, Takita lebih prepare untuk orang-orang disabilitas,’ kata Junjun Junior selaku perwakilan tim ketika ditemui Basra, Kamis (15/11).
Untuk pemesanan Takita, pertama para pengguna akan diminta melakukan registrasi dan memasukkan data diri terlebih dahulu di takita-travel.online. Setelah itu, pengguna dapat memilih untuk diantar-jempat di tempat tujuan atau menyewa mobil.
‘Jadi untuk kendaraannya juga memang didesain khusus bagi pengguna kursi roda. Dalam mobil ini ada tangga yang memudahkan kursi roda untuk masuk, tanpa perlu diangkat,’ tutur mahasiswa jurusan Ekonomi ini.
Dengan adanya Takita ini, diharapakan para pengguna kursi roda dan disabilitas bisa mandiri saat menggunakan alat transportasi.
Ke depan, Junjun bersama keempat temannya akan terus mengembangkan Takita. Terutama membuat aplikasi dan menambah destinasi tujuan. ‘Karena ini masih berupa prototype, jadi tempat tujuannya masih di wilayah Surabaya saja. Kami ingin memperluas jangkauan areanya juga,’ pungkasnya.
Sumber: kumparan.com