Ubaya Bakal Bangun Rumah Sakit Tipe B Pendidikan hayuning August 5, 2019

Ubaya Bakal Bangun Rumah Sakit Tipe B Pendidikan

Universitas Surabaya (Ubaya) gandeng PT Medikaloka Hermina TbK., pengelola Rumah Sakit Hermina membangun rumah sakit tipe B pendidikan di Surabaya, ditandai dengan penandatanganan MoU, Selasa (30/7/2019).
Penandatanganan nota kesepakatan atau MoU, dilakukan Anton Prijatno, S.H., Ketua Yayasan Ubaya, Yusrambono S.H. M.Si., Sekretaris Yayasan Ubaya, Husni, S.E., Direktur PT Keluwih Medika Surabaya, dan dr. Hasmoro, SpAn, Presiden Direktur PT Medikaloka Hermina Tbk, di Seminar Room Gedung The Internasional Village, Kampus Ubaya Tenggilis, Surabaya.
Ubaya melalui PT Keluwih Medika Surabaya sebagai pengelola Rumah Sakit Ubaya, yang bergerak di bidang kesehatan menunjuk PT Medikaloka Hermina Tbk sebagai penyedia layanan kesehatan Rumah Sakit Hermina sebagai konsultan dalam persiapan mendirikan Rumah Sakit Ubaya.
Penandatanganan mencakup empat perjanjian yaitu perjanjian internal, perjanjian pra-operasional, perjanjian operasional, dan amandemen kesepakatan bersama.
drg. Meidy Maulia Rahmi, MARS Kepala Departemen Business Development, dari PT Medikaloka Hermina Tbk, menjelaskan bahwa pihak Rumah Sakit Hermina membantu Rumah Sakit Ubaya sebagai konsultan dan operator dari tahap pra-operasional pembangunan hingga tahap operasional.
‘Kerjasama ini akan berlangsung selama 10 tahun dan bisa diperpanjang nantinya. Kami membantu perencanaan desain bangunan, alih sistem standar menyangkut regulasi, rekrutmen tenaga medis dan non medis, hingga menyelenggarakan diklat. Ini bertujuan agar Rumah Sakit Ubaya benar-benar siap beroperasi,’ terang drg. Meidy Maulia Rahmi, MARS.
Sementara itu disampaikan Prof. Ir. Joniarto Parung MMBAT., Ph.D. selaku Komisaris PT. Keluwih Medika Surabaya sebagai pengelola Rumah Sakit Ubaya, bahwa RS Hermina saat ini telah memiliki jaringan nasional dan ini tentunya membantu mempermudah pertukaran resources.
‘Rumah Sakit Hermina punya jaringan Rumah Sakit yang kuat secara nasional memudahkan untuk pertukaran resources kalau diperlukan. Target pasien Rumah Sakit Hermina adalah kelompok menengah dan bawah dengan jumlah penyakit beragam sehingga sesuai untuk Rumah Sakit Pendidikan. Terakhir, visi dan misi sejalan dengan Ubaya yang berfokus pada kualitas, sosial dan kemanusiaan,’ papar Joniarto Parung.
Ketiga alasan inilah yang melatarbelakangi pemilihan PT Medikaloka Hermina Tbk sebagai konsultan dan operator dari tahap pra operasional pembangunan hingga tahap operasional.
Rencana pembangunan Rumah Sakit Ubaya 10 lantai ini akan didirikan di Jalan Tenggilis Mejoyo dalam kurun waktu selama satu tahun.
‘Adanya kerjasama ini diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta menunjang pendidikan dalam memfasilitasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Ubaya,’ pungkas Husni, S.E., Direktur PT Keluwih Medika Surabaya, Selasa (30/7/2019). (tok/iss)
Sumber: suarasurabaya.net