KDEnlive Software untuk Editing Video yang Gratis fadjar May 28, 2019

KDEnlive Software untuk Editing Video yang Gratis

Fadjar Efendy Rasjid, S.Kom.
Staff Direktorat Sistem Informasi Manajemen

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang software editing video yang bernama Kdenlive ini. Ya bagi anda youtuber yang membutuhkan software untuk mengedit video anda, pilihlah software kdenlive ini.

Selain gratis kdenlive ini sudah sangat powerfull. Kdenlive merupakan salah satu perangkat lunak untuk editing video gratis. Dan juga open-source, artinya kode sumber perangkat lunak ini bisa anda modifikasi, apabila anda seorang programmer handal. Aplikasi ini dapat di jalankan di berbagai platform baik itu di Windows, Linux dan Mac OS. Fitur-fitur yang di tawarkan antara lain : proxy editing, titling, keyframeable effect, serta automatic backup. Ukuran file instalasinya sendiri sekitar 150 MB.

Kdenlive ini sangat mungkin untuk melakukan pekerjaan yang bersifat semi professional. Kdenlive juga mampu melakukan mixing secara virtual dengan jenis media apa saja (video, audio, dan gambar).

Pada waktu rendering, KDEnlive juga punya satu fitur penting, yaitu Shutdown after render. Jadi kita bisa start render, kemudian kita tinggal tidur. Setelah selesai rendering, KDEnlive akan mematikan komputer kita. Proses render juga dilakukan terpisah dari aplikasi, sehingga tidak akan mengganggu jika kita ingin mengedit file lainnya.

Kdenlive juga tidak kalah dengan program berbayar dan memberikan kemudahan dalam penggunaannya, serta cocok dengan hampir semua jenis tipe atau format video.

Fitur-fitur dasar Kdenlive :

  • Support editor multitrack dengan timeline dan jumlah track video dan audio yang tidak terbatas.
  • Track Video dan audio disusun dalam bentuk layer.
  • Memiliki fitur move, crop dan menghapus klip video, klip audio, klip teks dan klip gambar.
  • Memiliki pintasan keyboard yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan begitu pula untuk layout antar muka.
  • Jumlah efek dan transisi yang cukup banyak dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

Kdenlive juga mendukung berbagai jenis camcoder dan kamera, termasuk :
Camcoder resolusi rendah (Raw dan AVI DV editing). Mpeg2, mpeg4 and h264 AVCHD (kamera kecil dan camcorder). Camcorder resolusi tinggi, termasuk HDV dan AVCHD camcorder.

Camcorder professional, termasuk XDCAM-HDtrade; streams, IMXtrade; (D10) streams, DVCAM (D10) , DVCAM, DVCPROtrade;, DVCPRO50trade; streams and DNxHDtrade; streams (hanya decoding, encoding belum dicoba).

Input dan Output dalam berbagai format:
Terkadang sangat susah mencari editor yang dapat membuka file dalam format tertentu, misalnya untuk file flv, biasanya file tersebut harus dikonversi terlebih dahulu ke format mpg yang tentu saja menyita banyak waktu.

Salah satu kelebihan Kdenlive yang sangat bermanfaat adalah support dengan berbagai macam jenis file media. Seperti :

  • Video Mpeg2, mp4 dan h264.
  • Audio Mp2, mp3 dan ac3.
  • Video lossless (SNOW lossless codec, dan lain-lain).
  • Free video (Ogg vorbis, dan lain-lain).


Sampai disini dulu pembahasan sedikit tentang software editor video kdenlive ini, semoga bermanfaat.

untuk download silakan kunjungi link ini: https://kdenlive.org/en/download/