Raih Juara Debat Konstitusi Regional Jatim, 3 Mahasiswa Ubaya Tanding di Tingkat Nasional fadjar April 22, 2019

Raih Juara Debat Konstitusi Regional Jatim, 3 Mahasiswa Ubaya Tanding di Tingkat Nasional

SURYA.co.id | SURABAYA – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surabaya membawa pulang juara dua debat konstitusi mahasiswa antar perguruan tinggi Se-Indonesia XII 2019.

Tiga mahasiswa yang tergabung dalam satu tim tersebut yaitu Shafira Dianita, Michelle Juventia, dan Debora Veronica.

Mereka beradu debat tingkat Regional Jatim yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi Indonesia di Universitas Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

‘Kejuaraan ini akan membawa kami, untuk mewakili regional timur di tingkat nasional 14-16 Agustus 2019 nanti di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mahkamah Konstitusi Bogor,’ kata Dosen pembimbing Fakultas Hukum Ubaya, Michelle Kristina, Jumat (19/4/2019).

Michelle mengatakan pemilihan kompetisi debat regional dan nasional ini dilakukan setiap tahun dengan beberapa proses seleksi.

Sementara di Ubaya, mahasiswa-mahasiswa tersebut dipilih melalui Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Fakultas Hukum.

‘Kami pilih yang terbaik dan berlatih sesuai materi,’ katanya.

Mereka kemudian mengikuti proses seleksi seperti debat mahasiswa sesuai dengan topik presentasi.

Setiap mahasiswa dari tim beradu argumen dan presentasi bertemakan anggota DPD bebas dari anggota partai politik.

Mereka juga mengumpulkan karya tulis dan video presentasi berjudul ‘Pembaharuan Syarat Kualifikasi Keanggotaan Dewan Perwakilan Daerah sebagai Upaya Harmonisasi Sistem Ketatanegaraan di Indonesia’.

‘Kami berhasil masuk ke babak debat semifinal dan final,’ kata Michelle.

Nantinya mereka akan bertanding melawan 24 tim terbaik seIndonesia.

Beberapa persiapan kompetisi akan dilakukan selama tiga minggu dengan 10 topik riset secara filosofis, ideologis dan sosiologis.

‘Saya harap melalui kompetisi ini mereka lebih dewasa, dan menekankan proses belajar lebih baik. Menang kalah itu urusan belakang. Semoga tetap semangat hingga tahap nasional,’ harapnya. (Nurika Anisa)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Raih Juara Debat Konstitusi Regional Jatim, 3 Mahasiswa Ubaya Tanding di Tingkat Nasional, https://surabaya.tribunnews.com/2019/04/19/raih-juara-debat-konstitusi-regional-jatim-3-mahasiswa-ubaya-tanding-di-tingkat-nasional.

Editor: Titis Jati Permata