Fasilitasi Mahasiswa Praktik Jualan Online fadjar March 18, 2019

Fasilitasi Mahasiswa Praktik Jualan Online

SURABAYA ndash; Dunia e-commerce saat ini semakin berkembang. Karena itu, Universitas Surabaya (Ubaya) meningkatkan kualitas mahasiswa di dunia bisnis dengan sistem digital. Salah satunya mendirikan laboratorium penjualan berbasis e-commerce di Gedung D Lantai 1 Kampus Ubaya Ngagel.

Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik Ubaya Agus Wijaya menyatakan, laboratorium tersebut bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam kegiatan praktik kuliah marketing dengan sistem e-commerce. ‘Ini sebagai penunjang perkuliahan di bidang pemasaran,’ ujarnya.

Agus menuturkan, untuk mendirikan laboratorium, dirinya menggandeng pihak swasta. Kerja sama tersebut berupa pemberian fasilitas sarana dan prasarana laboratorium. Salah satunya 100 pasang sepatu yang di-display dalam laboratorium. Tujuannya, membantu mahasiswa memperkenalkan produk secara langsung kepada konsumen. ‘Mahasiswa juga dapat merasakan pengalaman terjun langsung di dunia kerja,’ ucapnya.

Saat ini Ubaya terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM). Mahasiswa bisa mempromosikan suatu produk. Kemudian, konsumen akan berbelanja secara online. Pesanan pun akan dikirim langsung tanpa harus datang ke toko. ‘Prosesnya juga jauh lebih cepat,’ ucapnya. Agus mengatakan, laboratorium menjadi wadah mahasiswa untuk berproses menjadi marketing yang profesional. ‘Kami harap mereka juga bisa memberikan kontribusi yang besar di dunia kerja nanti,’ katanya. (ayu/c15/dio)

Jawa Pos, 14 Maret 2019