Prestasi Teknik Manufaktur Di Ajang Water Bike Contest & Race Competition 2012


  • 30-04-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

Ajang Water Bike Contest & Race Competition 2012 yang digelar pada tanggal 27 - 29 April 2012, membawa kesan tersendiri bagi tim Program Studi Teknik Manufaktur Ubaya.  Tim T-MAN X11 dengan water bike bernama “Manufers” yang beranggotakan 11 mahasiswa Program Studi Teknik Manufaktur ini memperoleh dua prestasi, yaitu terpilih sebagai Desain Terfavorit serta menjadi juara ketiga dalam slalom race competition. Tim yang dibimbing oleh Bapak Sunardi Tjandra, ST, MT., tidak hanya berprestasi di dalam ajang Water Bike Contest & Race Competition 2012 saja, namun juga menarik minat reportase salah satu stasiun TV swasta di Indonesia (Trans 7) untuk diliput dalam acara "Sang Kreator".

Water Bike Contest & Race Competition merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS. Acara ini diikuti oleh pelajar SMA/SMK, mahasiswa dan umum untuk mengembangkan prototype dalam sebuah kompetisi perancangan dan balap (race) sepeda air atau water bike, dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan pemuda dalam teknologi kemaritiman.

Selain aspek ketepatan ukuran, penilaian desain Water Bike juga ditinjau aspek inovasi dan kreatifitas,  ekonomis, serta aspek estetika. Peserta wajib melakukan presentas desain water bike tersebut di depan dewan juri. Water bike selanjutnya dilombakan dalam drag race dan slalom race competition yang berlokasi di aliran sungai Kalimas tepatnya di Taman Prestasi.

Sunardi Tjandra menyampaikan bahwa kegiatan kemahasiswaan dalam mengikuti lomba-lomba, yang menuntut peran aktif mahasiswa secara langsung perlu terus digalakkan. Hal ini tidak hanya untuk menerapkan keilmuan yang didapatkan mahasiswa namun yang tidak kalah pentingnya adalah dari sisi soft skill, mahasiswa bisa belajar berpikir logis dan kritis, membangun dan bekerjasama dalam sebuah tim, belajar menyampaikan pendapat dan menerima pendapat orang lain serta mengasah kemampuan leaderships.

Dengan diperolehnya prestasi ini, semoga bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk menciptakan produk-produk yang inovatif dan kreatif.

Update: 30-04-2012 | Dibaca 16274 kali | Download versi pdf: Prestasi-Teknik-Manufaktur-Di-Ajang-Water-Bike-Contest---Race-Competition-2012.pdf