Cosmetalk 2022: Cari Tahu Informasi Seputar Makeup Dan Skincare


  • 16-06-2022
  • samueldim

Sabtu, 4 Juni 2022 Cosmetology Study Group Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan webinar bertajuk “Cosmetalk 2022: Beauty or Glow Up First?”. Diadakannya webinar ini bertujuan agar partisipan memperoleh informasi seputar makeup dan skincare. Webinar ini menghadirkan apt. Endang Wahyu Fitriani S. Farm., M. Farm., selaku dosen Teknologi Kosmetika Fakultas Farmasi Ubaya sebagai narasumber. Berlangsung melalui Zoom, webinar ini berhasil menarik ratusan partisipan dari kalangan Ubaya dan non Ubaya.

Endang membuka diskusi dengan menjelaskan perbedaan definisi antara makeup dan skincare. “Makeup dapat diartikan sebagai serangkaian produk yang digunakan untuk memperindah beberapa bagian wajah supaya terlihat lebih menarik dan menonjol,” katanya. Sementara itu, skincare merupakan produk perawatan kulit yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Lebih lanjut, Endang menambahkan bahwa perbedaan antara makeup dan skincare juga dapat ditinjau melalui durasi efek keduanya. Dalam hal ini, makeup hanya memberikan efek pada kulit ketika digunakan. “Sedangkan skincare mampu memberikan efek jangka panjang pada kulit, salah satunya mencegah dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit,” jelasnya.

Melanjutkan diskusi, Endang mengungkapkan peran penting skincare dan makeup. “Peran penting dari makeup yaitu mampu menutupi kekurangan yang ada di wajah,” tuturnya. Menurut Endang, menutupi kekurangan pada wajah akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Selain itu, menggunakan makeup juga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menghargai diri sendiri dan orang lain. Beralih pada skincare, Endang menyatakan bahwa peran penting yang dimiliki yaitu menutrisi kulit wajah. “Hal ini dikarenakan dalam skincare terdapat zat-zat nutrisi tertentu,” ucapnya.

Pembahasan materi banyak menarik pertanyaan dari para partisipanpada sesi tanya jawab.Salah seorang partisipan menyampaikan sebuah pertanyaan, “Mengapa makeup tidak boleh digunakan sejak pagi hingga malam tanpa dibersihkan?” Menjawab pertanyaan tersebut, Endang menyatakan bahwa makeup dapat menyumbat pori-pori pada wajah. Hal ini mengakibatkan sisa-sisa minyak yang ada di kulit kita tidak dapat dikeluarkan. “Minyak yang tertahan dapat memunculkan berbagai macam masalah wajah seperti komedo dan jerawat. Maka dari itu, kita perlu untuk membersihkan makeup pada wajah,” tutupnya. (jv)

Update: 16-06-2022 | Dibaca 87 kali | Download versi pdf: Cosmetalk-2022--Cari-Tahu-Informasi-Seputar-Makeup-Dan-Skincare.pdf