Pentas Perdana VIII Teater US: Mengambil Langkah Baru


  • 06-05-2022
  • samueldim

Sumber foto: Instagram @teater_us 

Pada Rabu, 20 April 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Pentas Perdana VIII Teater US. Mengangkat tema “Pena Layar”, diharapkan pementasan ini dapat mendorong semangat seluruh masyarakat Ubaya serta anggota teater dari berbagai instansi untuk mengambil langkah baru ke arah yang lebih baik. Pementasan teater kali ini membawakan naskah yang berjudul “Pinangan” karya Anton P. Chekov. Penampilan ditayangkan secara online melalui live streaming di kanal YouTube Teater US dan offline di Student Center Kampus II Ubaya, Tenggilis. Meskipun masih dalam suasana pandemi, kegiatan ini berhasil menarik perhatian puluhan penonton dari kalangan internal dan eksternal Ubaya, seperti: Teater Kusuma, Teater Lingkar, Teater Institut, dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW).

“Sebetulnya pada hari pementasan kami sempat mengalami kendala yaitu panggung yang digunakan untuk penampilan belum sepenuhnya siap,” tutur Farah Majidah Tamami, mahasiswi Fakultas Teknik Ubaya angkatan 2019 selaku Ketua Panitia Pentas Perdana VIII Teater US terkait tantangan pada pementasan perdana ini. Walaupun demikian, pementasan dapat berhasil ditampilkan tepat waktu, baik secara offline maupun online. Lebih lanjut,Tama juga memaparkan bahwa pementasan ini dilaksanakan sebagai hasil diklat yang telah dilalui sekaligus panggung debut bagi para anggota baru Teater US. Persiapan pementasan yang dilakukan oleh para anggota pun memakan waktu kurang lebih tiga bulan hingga akhirnya dapat menghasilkan penampilan yang memukau.

“Saya sendiri berharap ke depannya Teater US dapat lebih optimal dalam mempersiapkan pementasan, seperti menyediakan rencana lain untuk kemungkinan yang tidak terduga,” kata Tama. Kendati demikian, Teater US berhasil memaksimalkan pementasan kali ini yang merupakan penampilan offline perdana setelah pandemi. Selain itu, Tama juga berharap para penonton dapat termotivasi untuk mengambil langkah baru ke arah lebih baik setelah menyaksikan cerita Pinangan yang ditampilkan oleh Teater US.(mon,dhi)

Update: 06-05-2022 | Dibaca 44 kali | Download versi pdf: Pentas-Perdana-VIII-Teater-US--Mengambil-Langkah-Baru.pdf