Teknik Elektro Dan IKA Ubaya Sumbangkan Solar Panel Untuk Nelayan Tambak Wedi Surabaya


  • 02-05-2022
  • samueldim

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat. Tim dari Ubaya merangkaikan dan menyumbangkan lima sistem solar panel di perahu nelayan Tambak Wedi Surabaya, pada hari Sabtu, 23 April 2022. Aksi ini dilakukan supaya nelayan memiliki penerangan maksimal saat mencari ikan di malam hari. Solar panel dibuat oleh lima mahasiswa berkolaborasi dengan dosen dan alumni sebagai bagian dari program Pengabdian Pada Masyarakat.

Ide membuatkan solar panel di perahu datang dari masalah yang sering dialami nelayan. Ada nelayan yang tidak memakai penerangan ketika menangkap ikan di malam hari. Alhasil, mereka rentan terkena duri ikan yang tajam. Ada pula nelayan yang menggunakan aki untuk menyalakan lampu penerangan di perahunya. Tetapi, setiap selesai mencari ikan, nelayan harus membawa pulang aki untuk diisi ulang di rumahnya.

“Kalau begitu terus, kasihan nelayannya harus bolak balik isi aki saat kerja. Nah, akhirnya kita membuat sistem pengisian aki otomatis menggunakan solar panel. Sehingga, saat perahu nelayan parkir di pantai, aki dapat terisi,” jelas Hendrawan Herman, mahasiswa prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik angkatan 2018.

Solar panel dirancang dapat menyala otomatis ketika malam hari. Keuntungan dari solar panel dengan spesifikasi 50 Wp (Watt-Peak) dan aki 32 AH ini adalah nyala lampu lebih terang dan lampu dapat menyala dari senja sampai subuh.

Mustofa selaku Ketua Umum Kelompok Nelayan Kelurahan Tambak Wedi mengatakan bahwa adanya bantuan solar panel ini sangat dirasakan manfaatnya oleh nelayan. “Kata teman-teman nelayan nyala lampu sangat terang dan sangat membantu ketika menangkap ikan di malam hari daripada pakai aki biasa. Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dari Ubaya yang telah memberikan bantuan ini,” ungkapnya.

Perancangan prototipe dimulai pada April 2021 di bawah arahan Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Ubaya, Susilo Wibowo, S.T., M.Eng. Di tahun 2021 lalu, prodi Teknik Elektro telah menyumbangkan empat sistem solar panel di perahu nelayan. Tahun ini, Teknik Elektro kembali menyumbangkan sistem solar panel di lima perahu nelayan dengan didanai oleh Ikatan Alumni Universitas Surabaya (IKA Ubaya).

Terpasangnya solar panel ini diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan di Kelurahan Tambak Wedi Surabaya. “Mahasiswa Teknik Elektro terus menggunakan ilmunya untuk menciptakan inovasi bagi masyarakat,” imbuh Susilo. (el)

Update: 02-05-2022 | Dibaca 81 kali | Download versi pdf: Teknik-Elektro-Dan-IKA-Ubaya-Sumbangkan-Solar-Panel-Untuk-Nelayan-Tambak-Wedi-Surabaya.pdf