21 Universitas Dengan Inovasi Terbaik Versi SIR 2022


  • 28-04-2022
  • samueldim
KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan internasional Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis daftar kampus terbaik di Indonesia tahun 2022.
 
Scimago Institutions Rankings merupakan lembaga internasional yang mendata dan melakukan pemeringkatan riset dan menilai relevansi riset terhadap publik di suatu institusi riset.
 
Ada lima kategori institusi riset yang dinilai, yaitu institusi riset pemerintah, institusi riset kesehatan, institusi riset perusahaan, institusi riset lembaga nirlaba dan institusi riset perguruan tinggi.
 
Melansir laman scimagoir.com, Sabtu (16/4/2022), menggunakan tiga indikator dalam melakukan penilaian dengan bobot yang berbeda-beda, yaitu: Research dengan bobot nilai 50 persen, Innovation dengan bobot nilai 30 persen, Societal impact dengan bobot nilai 20 persen.
 
Penilaian kategori inovasi terbaik berdasarkan Untuk kategori pemeringkatan di kategori inovasi terbaik ada beberapa universitas di Indonesia yang masuk dalam kategori ini. Penilaian dalam kategori inovasi terbaik didasarkan pada:
 
1. Pengetahuan Inovatif (IK)
Keluaran publikasi ilmiah dari suatu lembaga yang dikutip dalam paten.
 
2. Dampak Teknologi (TI)
Persentase hasil publikasi ilmiah yang dikutip dalam paten.
 
Persentase ini dihitung dengan mempertimbangkan total output di area yang disebutkan dalam paten, yaitu sebagai berikut: Ilmu Pertanian dan Biologi, Biokimia, Genetika dan Biologi Molekuler, Teknik Kimia, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Bumi dan Planet, Energi, Rekayasa, Ilmu Lingkungan, Profesi Kesehatan, Imunologi dan Mikrobiologi, Ilmu Material, Matematika, Obat, Multidisiplin, Ilmu saraf, Perawatan, Farmakologi, Toksikologi dan Farmasi, Fisika dan Astronomi, Ilmu Sosial, Dokter hewan.
 
3. Paten (PT)
Jumlah aplikasi paten.
 
Dari beberapa penilaian ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjadi perguruan tinggi yang berada di peringkat pertama. Di peringkat kedua ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dan peringkat ketiga ada Universitas Surabaya (Ubaya). Untuk penilaian berdasarkan inovasi terbaik ada beberapa universitas berada di peringkat yang sama.
 
Universitas dengan inovasi terbaik versi SIR 2022
 
Berikut daftar universitas terbaik berdasarkan inovasi terbaik versi SIR 2022.
15 Kampus di Indonesia dengan Inovasi Terbaik Versi SIR 2022:
 
1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
 
2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
 
3. Universitas Surabaya
 
4. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
 
5. Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
 
6. Universitas Indonesia
 
7. Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Bina Nusantara (Binus).
 
8. Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Tadulako.
 
9. Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala dan Universitas Diponegoro.
 
10. Universitas Trisakti, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Jember (Unej), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Telkom University.
 
Demikian universitas terbaik dengan inovasi terbaik versi SIR 2022. Selain lembaga pemeringkatan Scimago Institutions Rankings (SIR), ada banyak lembaga internasional lainnya yang sudah merilis hasil di tahun 2022. Dari daftar universitas ini, ada kampus incaranmu?
 
Sumber: kompas.com
Update: 28-04-2022 | Dibaca 181 kali | Download versi pdf: 21-Universitas-Dengan-Inovasi-Terbaik-Versi-SIR-2022.pdf