Scimago Institutions Rankings Nobatkan UBAYA PTS Terinovatif Di Indonesia 2022, Rektor: Dukung Riset Dosen Dan Mahasiswa Ke Tahap Inovasi


  • 25-04-2022
  • samueldim
SURABAYA-KEMPALAN: Prestasi di level internasional kembali dicapai Universitas Surabaya (UBAYA). Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis daftar kampus terbaik di Indonesia tahun 2022. Sebanyak 51 kampus di Indonesia baik PTN maupun PTS masuk dalam pemeringkatan SIR 2022.
 
Melansir laman scimagoir.com, pemeringkatan SIR dilakukan melalui tiga indikator penilaian berbeda, yakni penelitian, inovasi, dan dampak sosial. Pada skala persentase 0 hingga 100, bobot penilaian paling banyak terdapat pada penelitian yang mencapai 50 persen, kemudian ada inovasi dengan bobot nilai 30 persen, dan dampak sosial 20 persen.
 
Dari tiga indikator penilaian SIR 2022, beberapa kampus Indonesia masuk ke dalam daftar perguruan tinggi dengan inovasi terbaik. Adapun penilaian dalam kategori ini didasarkan pada pengetahuan inovatif (keluaran publikasi ilmiah dari suatu lembaga yang dikutip dalam paten), dampak teknologi (persentase hasil publikasi ilmiah yang dikutip dalam paten), dan jumlah aplikasi paten.
 
Dalam penilaian ini, UBAYA menjadi PTS terbaik di Indonesia. Jika disandingkan dengan PTN, UBAYA terbaik ketiga nasional setelah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan ITB.
 
Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT menanggapi pencapaian tersebut menjelaskan, sejak tiga tahun silam, UBAYA berkomitmen untuk terus melakukan inovasi di berbagai aspek. “Kami mendirikan Direktorat khusus untuk Manajemen Inovasi yang kemudian dikenal sebagai UBAYA InnovAction Hub. Saya pun mendorong dosen dan mahasiswa terus berinovasi, memperkenalkan SALAM INOVASI agar semua sivitas akademika UBAYA setiap hari mendengar kata inovasi. Kampus pun mendorong hasil riset dosen dan mahasiswa masuk ke tahap inovasi dan komersialisasi,” terang Rektor UBAYA Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT.
 
Berikut 15 Kampus di Indonesia dengan Inovasi Terbaik Versi SIR 2022:
 
  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Surabaya (UBAYA)
  4. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
  5. Universitas Pendidikan Ganesha
  6. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  7. Universitas Indonesia
  8. Universitas Sam Ratulangi
  9. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  10. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  11. Institut Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)
  12. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  13. Universitas Tadulako
  14. Universitas Udayana
  15. Universitas Syiah Kuala

UBAYA Bertabur Prestasi

Pencapaian UBAYA ini adalah prestasi kesekian kalinya yang diraih UBAYA yang memiliki tiga kampus: UBAYA Tenggilis dan UBAYA Ngagel Surabaya serta Integrated Outdoor Campus UBAYA Trawas. Sebelumnya, dalam publikasi riset rating level kecerdasan dan kesiapan transformasi digital kampus Indonesia 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas serta didukung Pijar Kampus by Telkom Indonesia dan Jasa Marga, Selasa (1/3/2022), UBAYA berhasil menduduki posisi kampus cerdas terbaik 1 nasional untuk kategori kampus sedang.
 
Dalam publikasi riset rating level kecerdasan dan kesiapan transformasi digital kampus Indonesia 2022 yang diselenggarakan Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas serta didukung Pijar Kampus by Telkom Indonesia dan Jasa Marga, Selasa (1/3/2022), UBAYA berhasil menduduki posisi kampus cerdas terbaik 1 nasional untuk kategori kampus sedang.
 
Begitu pula, predikat PTS Terbaik di Jawa Timur kembali disandangkan QS Asia University Rankings 2022 kepada UBAYA, setelah sebelumnya UBAYA juga berhasil mendapat predikat kampus PTS terbaik di Jawa Timur hasil pemeringkatan QS World University Rankings tahun 2021.
 
Di antara kampus-kampus swasta itu, berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021 maupun QS Asia University Rankings 2022, UBAYA menjadi PTS terbaik di Jawa Timur dan Indonesia Timur.
 
Tak hanya itu. UBAYA kembali menerima Anugerah Kampus Unggulan 2021 LL Dikti Wilayah VII Jawa Timur. UBAYA mendapatkan penghargaan untuk kinerja bidang kemahasiswan terbaik, perguruan tinggi afiliasi terbaik di SINTA, dan kategori perguruan tinggi vokasi terbaik yang diraih Politeknik UBAYA dalam Anugerah Kampus Unggulan 2021 LL Dikti Wilayah VII Jawa Timur. (*)
 
Sumber: kempalan.com