Memajukan Prestasi Anak Melalui Kancil Fun Challenge


  • 29-09-2021
  • Hayuning Purnama Dewi

Sabtu, 28 Agustus 2021 Komunitas Anak Cinta Lingkungan Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas Surabaya (KANCIL Pusdakota Ubaya) mengadakan Kancil Fun Challenge (KFC). Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memajukan prestasi anak-anak di Kelurahan Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Surabaya. Dengan total 35 peserta, KFC berhasil dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Meskipun dalam keadaan pandemi, KANCIL tetap berkomitmen melaksanakan kegiatan tersebut dengan melakukan beberapa penyesuaian tanpa mengurangi manfaat yang didapat.

KFC sendiri terdiri dari tiga jenis lomba, yakni: lomba menyanyi dengan tema “Cinta Tanah Air” yang dibagi menjadi kategori kelas kecil (usia PAUD hingga kelas dua SD) dan kelas besar (kelas tiga hingga enam SD); lomba bercerita dengan tema “Corona” yang diikuti oleh anak-anak kelas tiga hingga enam SD; dan lomba kreativitas daur ulang dengan tema “Kreatif dan Berguna” yang diikuti oleh anak-anak kelas tiga hingga enam SD.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dr. Drs.ec. J.L. Eko Nugroho, M.Si., selaku Direktur Pusdakota Ubaya. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa KFC dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional. “Pusdakota tetap menunjukkan kepeduliannya dengan melakukan pendampingan terhadap KANCIL,” tuturnya. Eko turut menambahkan bahwa dalam perlombaan pasti ada kalah dan menang. Oleh karena itu, ia berharap para peserta yang belum berkesempatan untuk menang agar tidak berkecil hati. “Bagi mereka yang kalah, pasti suatu saat akan ada kesempatan lagi,” harapnya.

Lebih lanjut, Ririn Teguh Setyowati, A.Md., selaku Ketua Panitia KFC memperkenalkan KANCIL sebagai komunitas yang dibentuk oleh Pusdakota Ubaya. “Dibentuk dengan tujuan anak-anak di sekitar Ubaya dapat mengembangkan talenta dan minatnya. Hal ini telah difasilitasi dengan sanggar belajar, tari, dan taekwondo secara gratis,” papar Ririn. Ke depannya, ia berharap anak-anak yang tergabung dalam komunitas ini dapat semakin mengembangkan prestasi yang dimiliki. “Semoga anak-anak bisa semakin percaya diri dalam mengikuti lomba-lomba seperti ini, sehingga mereka bisa semakin berprestasi,” tutup Ririn. (dhi)

Update: 29-09-2021 | Dibaca 400 kali | Download versi pdf: Memajukan-Prestasi-Anak-Melalui-Kancil-Fun-Challenge.pdf