Bikin Mural Raksasa Sebagai Motivasi


  • 03-03-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Surabaya - Sejak pagi, Kampung Karangpoh terlihat ramai. Kemarin (29/2) puluhan warga kampung dan mahasiswa dari Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Kristen (UK) Petra berkumpul di depan dinding dengan tinggi 7 meter dan panjang 18 meter di sebelah gapura Karangpoh Indah Gang V.
 
Dinding yang awalnya polos itu berubah menjadi mural raksasa. Beragam warna yang digoreskan membuat suasana lebih cerah. "Ada tiga simbol yang berusaha dimasukkan dalam mural raksasa ini," ujar Jemima Stefani Junita Iskandar, ketua penyelenggara. Yakni, simbol lingkungan yang digambarkan lewat pohon yang tumbuh dari telapak tangan, simbol inisiatif yang digambarkan dengan tangan yang memegang bohlam, dan simbol ilmu pengetahuan yang digambarkan dengan buku.
 
Diharapkan, mural tersebut menjadi motivasi dan pengingat bagi warga RW 01, Karangpoh, Kecamatan Tandes. "Supaya ilmunya terus berkembang dan mencintai lingkungan," jelas Jemima.
 
Selain pembuatan mural, acara bertajuk United for Others (UFO) 2020 itu diisi dengan pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel, pelatihan kewirausahaan dan pembagian bibit tanaman, serta pembuatan tong sampah.
 
Ada pula pelatihan pembibitan agar bisa dimanfaatkan warga sekitar. "Itu bibit sayuran. Jadi, bisa dikonsumsi harian," imbuh mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya tersebut. Sementara itu, pelatihan kewirausahaan diisi dengan pengenalan e-commerce dan penggunaannya sebagai penjual.
 
Supi'i, Ketua RW 01, Karangpoh, Tandes, mengapresiasi penyelenggaraan UFO 2020. Apalagi, salah satu masalah yang dia hadapi adalah kurangnya tong sampah di kawasannya. "Kan bisa lama kalau menunggu pengadaan dengan proposal ke dinas," tuturnya.
 
Jemima menambahkan, kegiatan itu merupakan rutinitas tahunan BEM Ubaya dengan menggandeng mahasiswa dari universitas lain. "Kegiatan ini diikuti 160 mahasiswa dari dua universitas," ucapnya. (dya/c18/tia)
 
Sumber: JawaPos, 1 Maret 2020
Update: 03-03-2020 | Dibaca 2716 kali | Download versi pdf: Bikin-Mural-Raksasa-Sebagai-Motivasi.pdf