Kenali Dunia Manufaktur Sedini Mungkin


  • 31-01-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Universitas Surabaya memperkenalkan Fakultas Teknik Program Studi Manufaktur kepada 33 siswa-siswi dari SMP Gloria 2 pada Selasa, 22 Januari 2020. Acara yang diadakan di Perpustakaan Lantai 5 Kampus II Universitas Surabaya ini dimulai pukul 10.00 WIB. Sebelumnya Fakultas Teknik Prodi Manufaktur telah mengadakan acara yang sama dengan SMP Gloria 1 pada 12 Desember 2019 lalu. Kali ini siswa-siswi SMP Gloria 2 disambut langsung oleh Herman Susanto, S.T., M.Sc., selaku dosen penanggung jawab.
 
Dalam acara ini dosen serta mahasiswa-mahasiswi mengupas hal-hal yang berkaitan dengan dunia manufaktur. Mulai dari desain produk hingga teknik dan manajemen produksi. Proses belajar tidak hanya membahas teori saja tetapi juga terdapat praktik yang dapat membantu siswa memahami materi. Pada kesempatan kali ini terdapat juga pemutaran video yang memperlihatkan fasilitas dan laboratorium yang dimiliki oleh Fakultas Teknik Prodi Manufaktur Universitas Surabaya, seperti Laboratorium Computer Numerical Control (CNC) dan Laboratorium Metrologi Industri.
 
“Saat ini Indonesia membutuhkan banyak SDM dari bidang manufaktur, sehingga semoga melalui pengenalan mengenai dunia manufaktur sejak SMP dapat menarik minat untuk nantinya terjun ke dunia manufaktur,” ungkap Clarissa Della, mahasiswi angkatan 2018 sekalugus selaku ketua acara. Dalam acara pengenalan ini siswa-siswi juga diajak untuk belajar menggunakan salah satu software yang dipakai yaitu CAD atau Computer Aided Design.
 
Siswa-siswi SMP Gloria 2 terlihat antusias saat para mahasiswa memperlihatkan cara penggunaan dan hasil desain yang dihasilkan melalui software CAD ini. “Saya senang karena melalui acara ini murid-murid mendapat pengalaman dan pengetahuan bermanfaat mengenai profesi dan hal baru yaitu tentang manufaktur,” ujar Julia Toisuta, ucap guru pendamping SMP Gloria 2. (RE5)
Update: 31-01-2020 | Dibaca 2616 kali | Download versi pdf: Kenali-Dunia-Manufaktur-Sedini-Mungkin.pdf