Begini Tips Membuat Video Blogging Ala Dennis Adhiswara


  • 26-04-2016
  • Fadjar Efendy Rasjid
SURYA.co.id | SURABAYA - Vlogging atau Video Blogging akhir-akhir ini menjadi tema populer di dunia online video.
 
Dennis Adhiswara, aktor sekaligus CEO Layaria, menjawabnya melalui workshop pembuatan vlogging di depan mahasiswa program studi Multimedia Universitas Surabaya (Ubaya), Senin siang (25/4/2016).
 
Lalu, kenapa vlogging menjadi begitu ramai di internet saat ini?
"Video blogging berbasis storytelling, jadi bisa menghubungkan orang-orang dengan minat yang sama. Persis seperti blog website yang saat ini juga masih digemari, hanya saja vlogging berupa video," jelasnya.
Vlog juga cukup mudah dari segi pembuatan dan mampu membangun kedekatan antara subscriber akun youtube atau followers instagram dengan si pemilik akun.
 
"Karena vlogging banyak bertema personal. Cerita-cerita kegiatan sehari-hari si pembuat vlog. Apalagi orang Indonesia sebagian besar orangnya kepo, jadi format vlog sangat digemari," ujarnya disambut aplaus peserta workshop.
 
Tema yang bisa diangkat dalam vlog selain personal activities, juga beragam. Yaitu topik general yang sedang ramai diperbincangkan, vlog berupa karakter fiksi, video pembuatan video lain atau suatu kegiatan, dan merespon komentar dari penonton vlog.
 
Dalam kesempatan itu, Dennis memberikan tips dalam pembuatan vlog agar menjadi viral di internet.
"Pertama pastikan penonton paham harus fokus ke frame sebelah mana. Kalian bisa menggunakan rules of third yaitu memotong layar menjadi kotak-kotak 3x3 dalam pengaturan komposisi gambar dengan point of interest di bagian perpotongan titik, atau menggunakan format simetris dengan fokus di tengah," papar Dennis.
 
Yang juga penting adalah pastikan suara terdengar jelas di hasil akhir video. Untuk itu pembuat harus dekat dengan mikrofon saat proses pengambilan suara.
 
"Unsur yang penting lain adalah ekspresi, mimik muka, saat sedang menjelaskan atau bercerita dalam vlog. Bisa ditambahkan gesture tangan, dan suara yang lebih dipertegas sehingga gagasan atau cerita kalian sampai pada penonton," tambahnya.
Workshop juga dihadiri dua vlogger asal Surabaya, Fitrah photography dan Baby Egg Production itu berlangsung meriah karena para pembicara interaktif dengan para audiens.
 
Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/
Update: 26-04-2016 | Dibaca 8968 kali | Download versi pdf: Begini-Tips-Membuat-Video-Blogging-Ala-Dennis-Adhiswara.pdf