Kini Bengkel Gelas Ubaya Terbuka Untuk Umum fadjar August 30, 2018

Kini Bengkel Gelas Ubaya Terbuka Untuk Umum

UBAYA-Bengkel Gelas Ubaya kini kian berkembang setelah tahun 2017 memperoleh Hibah Pengabdian kepada Masyarakat dari Kemenristek DIKTI melalui skema Hibah Program pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK). Bahkan beberapa supplier alat-alat laboratorium yang ada di Surabaya sudah mulai memesan beberapa produk gelas khusus bagi laboratorium.

Program Hibah yang diperoleh Jurusan Teknik Kimia selama 3 tahun digawangi oleh Restu Kartiko Widi, S.Si., M.Si., Ph.D, dan dua rekan dosen lainnya Arief Budhyantoro, S.Si., M.Si. serta Dr. Emma Savitri, S.T., M.Sc. Awalanya bengkel gelas ini difungsikan pada perbaikan peralatan gelas laboratorium yang mengalami kerusakan ringan dan dapat diperbaiki, dan membuat alat-alat gelas sederhana yang dibutuhkan oleh laboratorium kimia di lingkungan Teknik Kimia.

Dosen sekaligus Ketua Departemen Mipa Ubaya Restu Kartiko Widi menuturkan sejak berdiri 2008 ternyata jumlah peralatan yang dimiliki Bengkel Gelas semakin bertambah dan ketrampilan teknisi yang ada juga bertambah. Namun secara bisnis Bengkel ini belum dapat dibuka untuk umum karena perlunya menambahkan peralatan yang lebih lengkap dan kemampuan teknisi perlu di upgrade untuk ketrampilan perlatan khusus agar ragam alat gelas yang dapat dibuat semakin banyak jenisnya.

“Sejak tahun 2010-2013 beberapa kali teknisi diikutkan kursus singkat untuk beberapa ketrampilan membuat peralatan gelas tertentum,” ungkap Restu untuk memperkuat SDM di Bengkel Gelas Ubaya. Guna mewujudkan keinginan Bengkel Gelas Ubaya terbuka umum, beliau mengajukan Hibah Pengabdian pada 2017.

Melalui program Hibah PPUPIK ini laju perkembangan Bengkel Gelas Ubaya semakin cepat, hal ini ditandai dengan jumlah kursus bagi teknisi meningkat, jumlah teknisi bengkel gelas bertambah menjadi 2 orang, jumlah pesanan peralatan semakin bertambah dan kombinasi produk bengkel gelas dan bengkel mekanik menjadi semakin baik dan menarik bagi pelanggan.

Saat ini Bengkel Gelas Ubaya juga melakukan kerjasama dengan beberapa supplier dan bengkel pendukung untuk memperkuat jaringan bisnis dan produk. Guna memudahkan konsumen mengetahui produk dan kisaran harga, Bengkel Gelas Ubaya memiliki katalog produk dan jasa yang diberikan. “Kedepan khususnya untuk konsumen umum, kami berusaha menerima pemesanan alat gelas atau non gelas yang bersifat khusus/spesifik sesuai pesanan (custom) dan tentunya Bengkel Gelas ini menjadi salah satu sahabat dan alternative solusi permasalahan peneliti,” ungkap Restu saat diwawancara redaksi.