Lulus Tiga Semester, Empat Mahasiswa Ini Berhak Menyandang Gelar Magister Teknik fadjar July 23, 2018

Lulus Tiga Semester, Empat Mahasiswa Ini Berhak Menyandang Gelar Magister Teknik

Lulus Tiga Semester, Empat Mahasiswa Ini Berhak Menyandang Gelar Magister Teknik

Surabaya, 23Juli 2018

Fakultas Teknik Universitas Surabaya yang didirikan tahun 1986 kini bukan hanya memiliki program studi teknik di jenjang magister yaitu Magister Teknik Industri (MTI Ubaya), tetapi program studi ini telah berhasil meluluskan empat mahasiswa angkatan pertamanya. Abraham Stefanus, Ali Hisham Alhureibi, Gloria Olivia, dan Jerry Loardi Loa adalah keempat mahasiswa yang berbahagia tersebut. Keempatnya telah berhasil mempertahankan tesis mereka di hadapan tim penguji pada 16-20 Juli 2018. Mereka kini tengah menyelesaikan beberapa persyaratan administrasi untuk dapat diwisuda pada 15 September 2018. Wisuda tersebut akan menandai akhir masa studi mereka selama tiga semester di MTI Ubaya.

Apa kunci sukses mereka sehingga berhasil menyelesaikan studi lebih cepat dari masa studi normal empat semester? Abraham menjelaskan, “Kuncinya adalah kemauan, kerja keras, dan tak lupa dukungan dari para dosen yang handal khususnya dalam membimbing penelitian kami.” Ditanya apakah kelulusan yang lebih cepat menandakan studi di MTI Ubaya dapat dilalui dengan santai, Ali menjawab sambil tertawa kaget, “Pendapat itu sangat keliru karena hal ini saya alami sendiri, dari yang tadinya sangat minim kompetensi dalam pemodelan matematis hingga sekarang saya dapat menerapkannya dalam pekerjaan. Semua pengembangan diri yang saya alami butuh perjuangan.” Sedangkan Olivia menambahkan, “Pengalaman paling berkesan bagi saya adalah ketika ikut international conferenceInCITE, bukan hanya presentasi dalam bahasa Inggris tapi saya juga harus mampu menjawab pertanyaan dari audiens dengan lancar.” Selanjutnya, Jerry menyampaikan, “Saya memang ingin belajar di program magister, dan sebenarnya saya siap lulus dengan akreditasi C sebagai angkatan pertama, ternyata MTI Ubaya mampu mendapatkan akreditasi B! Saya sangat bangga dengan kerja keras MTI Ubaya.” Demikian sekilastestimoni dari keempat mahasiswa alumni angkatan pertama MTI Ubaya.

Kaprodi MTI Ubaya, Eric Wibisono, PhD, dalam kesempatan terpisah menyampaikan, “Passion is contagious. Semangat itu menular. Kami bekerja keras dan kerja keras kami disambut oleh para mahasiswa yang juga siap bekerja keras. Inilah yang terjadi sehingga mereka dapat selesai dalam waktu cepat.” Eric kemudian menambahkan, “Penelitian yang mereka buat untuk tesis juga sangat berbobot dan aplikatif, ini tentu nilai tambah tersendiri bagi karya-karya MTI Ubaya.” Abraham menyusun tesis dengan judul “Consumer perceived risk dan trust: Studi kasus pada perusahaan e-commerce Tokopedia.” Ali yang mengelola perusahaan bakery mengembangkan penelitian dalam rumpun keilmuan pengaturan rute dengan judul “Pengembangan model multi-depot split-delivery vehicle routing problem dengan time-windows.” Selanjutnya, penelitian Olivia adalah di bidang manajemen persediaan dengan judul “Pengembangan model integrasi pemilihan supplier dan multi-echelon multi-item probabilistic inventory system.” Terakhir, penelitian Jerry mempelajari “Pengaruh sustainable supply chain management pada kinerja perusahaan jasa di Indonesia.” Dekan Fakultas Teknik Ubaya, Dr. Amelia Santoso, yang menjadi pembimbing tesis Ali dan Olivia berpendapat bahwa keempat tesis yang dihasilkan sangat berbobot dan memang layak dipresentasikan di forum internasional. “Dengan kini telah menyandang akreditasi B dan bukti bahwa para mahasiswa dapat menghasilkan karya bermutu, kami berharap semakin banyak masyarakat yang percaya pada kualitas akademik di MTI Ubaya,” demikian harapan dari Ibu Dekan FT.

PendaftaranMTI Ubayauntuk semester gasal 2018/2019 masihdibuka hingga 25 Juli 2018.