BUSINESS VISIT GOES TO BANDUNG ‘MAKE INNOVATION HAPPEN’ fadjar June 2, 2017

BUSINESS VISIT GOES TO BANDUNG ‘MAKE INNOVATION HAPPEN’

Kesan “Stunning Bandung” begitu melekat di hati peserta Business VisitNasional yang merupakan program rutin Pascasarjana FBE Universitas Surabaya. Diketuai oleh Klara Petra dari jurusan MM51, Business Visitmenghadirkan konsep berbeda dari sebelumnya yanghanya

mengunjungi perusahaandi area provinsi Jawa Timur.Acara bertemakan“MAKE INNOVATION HAPPEN”ini dimulai tanggal 21 Mei 2017 hingga 23 Mei 2017 dengan total sebanyak 28 peserta.

Pada haripertama, seluruh peserta berkunjung ke Trans Studio Mall (TSM). Sebagai taman bermain indoorterbesar dan pertama di Indonesiayangmemiliki 20 wahana permainan yang dibagi dalam tiga arena dengan tema unik,Lost City, Magic Cornerdan Studio Central. Setelah satu haripuas bermain, peserta menuju hotel untuk beristirahat sejenak.

Hari kedua, Business Visitdilanjutkandengan mengunjungi PT. Telekomunikasi Indonesia atau biasa disebut“Telkom”yang memiliki misi untuk memimpin dalam inovasi digital dan mendunia. Terdapat 3 sesi diskusi dengan topik menarik yang diberikan oleh divisi Digital Service. Diskusi pertama dimulai oleh BapakWulan Tri membahas mengenai sejarah terbentuknya divisi Digital Servicedan hadirnya Bandung Digital Valley(BDV) sebagai tempat bagi inovator yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi secara digital. Dilanjutkan dengan Ibu Anna Mulyani yang membahas mengenai pentingnya pengelolaan Big Databagi sebuah bisnis.

Diskusi terakhir diberikan oleh BapakJohanes Adi yang membahas mengenai frameworkprogram Indigo yang akan memberikan dana cukup besar bagi para inovator yang berhasil melalui 5 tahap validasi, antara lain: customer, product, business model, marketdan value. Sesi ditutup dengan pemberian Cinderamata oleh BapakAdhicipta Raharja Wirawan selaku dosen mata kuliah Talenpreneurship Universitas Surabaya kepadaBapakJohanes Adi. Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengannaik Bandros keliling kota Bandung, singgah di Gedung Sate dan berkunjung ke Museum Geologi.

Cuaca cerah menyambut hari terakhir kunjungan di Bandung. Sebelum kembali ke Surabaya, para peserta mengunjungi Farmhouse.Tempat wisata alam ini sangat dikenal karena memiliki konsep wisata yang inovatif di kota Bandung. Pengalaman dan kesan menarik membekas di benak setiap peserta.

Kami belajar banyak hal, yaitu bagaimana membuat hobby menjadi serius, dan serius menjadi sebuah inovasi bisnis stratup , proses inilah yang kami rasakan selama BV yaitu menyeimbangkan antara keseriusan dan hobby agar tidak melulu stress tapi juga enjoy dalam aktivitas. Education with fun at the same time,” ungkap Christian Hendrawarhana dari Maksi 16.

Hatur nuhun Ubaya, hatur nuhun Bandung.