Akuntansi Ubaya Juarai The 16 th ATV Competition fadjar January 13, 2017

Akuntansi Ubaya Juarai The 16 th ATV Competition

The 16th ATV Competitionadalah kompetisi akuntansi berbasis audit yang diadakan pada tanggal 21-22 November 2016 oleh Studi Profesionalisme Akuntan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (SPA FEB UI). Jurusan Akuntasi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya raih juara I dalam kompetisi ini. Langkah jitu yang dipakai tim Ubaya mencapai posisi puncak diantaranya memahami case secara keseluruhan adalah kunci untuk memperoleh analisi yang tepat dan akurat, tidak pernah malas membaca case yang diberikan dalam perlombaan, tidak melupakan hal-hal kecil dalam pengisian atau pembuatan lembar kerja/ working papersaat bermain di sesi audit simulation seperti tanggal dan tick mark karena juri juga menilai dari hal-hal yang kecil juga. Bukan hal mudah bagi tim Ubaya meraih peringkat teratas ajang bergengsi tahunan ini.

Kompetisi diawali dengan preliminarytes online dimana dalam babak ini, peserta akan diberikan sebuah case terkait audit. Kemudian pesertaakan diberikan waktu dua minggu untuk membuat jawaban berupa analisis, kesimpulan,dan rekomendasi. Dari babak tersebut akan diambil 15 tim dengan nilai tertinggi untuk masuk ke dalam tahap semi-final. Dalam babak preliminarytes online, Ubaya berhasil meloloskan tiga tim untuk bersaing pada babak semi-final di Jakarta. Universitas yang berhasil lolos ke babak semi-final adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Atma Jaya Jogyakarta, Universitas Airlangga, Universtias Tarumanegara, President University dan Swiss German University.

Pada babak semi-finalterdapat 3 sesi yang harus diiktui oleh setiap peserta. Pada sesi pertama tiap tim akan akan mengerjakan soal terkait akuntansi keuangan (AKM1, AKM2, AKL 1, AKL2) serta Audit secara individu. Pada sesi kedua 15 tim yang ada akan dibagi ke dalam tiga ruangan untuk melakukan sesi cerdas cermat dimana setiap peserta diuji kecepatanya dalam menjawab soal yang diberikan. Pada sesi ketiga setiap tim akan diberikan case terkait audit planning suatu perusahaan. Setiap nilai yang diperoleh dari sesi 1, 2 dan 3 nantinya akan diakumulasikan dimana sesi 1 dan 2 memiliki bobot 40% dan sesi ketiga memiliki bobot 60%.

Dari semifinal tersebut, diambil delapan tim terbaik untuk melaju ke babak final. Dalam babak semi-final, sekali lagi Ubaya mampu meloloskan tiga tim untuk melaju ke babak final.Universitas lain yang juga lolos ke babak final antara lain Universitas Gajah Mada, President Universitydan Universitas Tarumanegara. Babak final ini terdiri dari dua sesi yaitu simulasi audit dan presentasi hasil temuan. Pada sesi pertama setiap tim akan melakuakn simulasi audit dimana seitap tim diminta untuk mengaudit data yang telah diberikan di setiap pos. Setelah mengumulkan setiap informasi pada setiap pos yang ada, pada sesi kedua setiap tim akan diminta untuk mempresentasikan hasil temuan meraka di depan dewan juri. Babak final berlangsung sangat seru dan ketat dan akhirnya Ubaya mampu membawa dua juara sekaligus. Ubaya mampu meraih juara pertama dan ketiga pada perlombaan ATV ke 16 sedangkan juara dua diduduki oleh Universitas Tarumanegara.