JUARA PERTAMA LOMBA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA fadjar January 4, 2017

JUARA PERTAMA LOMBA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Accounting Challenge merupakan olimpiade akuntansi yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa/I seluruh Indonesia sebagai salah satu rangkaian dari acara Brawijaya Accounting Fair (BAF) 2016. Kompetisi ini diadakan pada tanggal 14-16 November 2016 oleh Fakultas Ekonomi Brawijaya dan diikuti oleh 25 tim yang telah lolos dari tahap online preliminary. Tim UBAYA mengirimkan 3 tim untuk mengikuti kompetisi ini dan ketiga tim ini berhasil lolos dari tahap online preliminary tersebut.

BAF 2016 ini terdiri dari 5 tahap. Tahap pertama adalah tahap Preliminary “Time to Prove” yang dilakukan secara tertulis dan dikerjakan secara tim dengan soal-soal dari berbagai materi yang dilombakan. Dari tahap pertama diambil 8 tim dengan akumulasi nilai tertinggi untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu tahap semifinal “See You on the Peak”. Tim UBAYA berhasil masuk 2 tim dengan peringkat kelima dan ketujuh sedangkan 1 tim yang tidak lolos ke tahap ini menduduki peringkat ke delapanbelas. Universitas lain yang lolos ke babak 8 besar ini diantaranya adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Universitas Widya Mandala 2 tim, Universitas Tarumanagara 2 tim, dan STIE Perbanas. Tahap semifinal ini sendiri terdiri dari 2 sesi, yaitu Beat the Cyclone dan Faster is Better. Sesi Beat the Cyclone mewajibkan peserta untuk mengerjakan satu siklus akuntansi mulai dari jurnal umum hingga laporan keuangan secara tim dan terkomputerisasi. Lalu sesi kedua, Faster is Better, mewajibkan peserta untuk menebak logo-logo perusahaan yang berkaitan dengan tema kompetisi ini kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan soal-soal dengan jumlah sesuai dengan jumlah logo yang berhasil ditebak dan soal-soal yang ada hanya terkait akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, perpajakan, dan audit. Namun, pada sesi kedua ini sempat terjadi kendala terkait penentuan tim yang paling cepat mengangkat papan untuk bisa menjawab logo-logo tersebut karena penentuannya hanya berdasarkan penglihatan panitia saja sehingga tidak sepenuhnya akurat dan kompetisi tetap dilaksanakan sesuai aturan yang telah ditentukan hanya saja panitia yang menentukkan lebih diperbanyak dan menyebar ke beberapa sudut ruangan.

Selanjutnya, tahap final “Are You the Chosen One?” yang diikuti oleh 4 tim yang lolos dari tahap semifinal. 1 tim UBAYA berhasil masuk tahap ini dengan peringkat pertama dan universitas lainnya yang masuk adalah Universitas Widya Mandala, Universitas Tarumanagara, dan STIE Perbanas. Tahap final ini terdiri dari 2 sesi, yaitu Watch Your Steps dan Claim Your Throne. Sesi pertama, Watch Your Steps, terbagi menjadi 2 stages, yang pertama take your chance yang mewajibkan tiap tim untuk memilih amplop yang berisi soal dan harus menjawab soal tersebut dan yang kedua get it or lose it yang menyediakan berbagai soal untuk dijawab oleh tim yang paling cepat membunyikan bel. Pada sesi pertama ini tim UBAYA berhasil menduduki peringkat pertama dengan skor tertinggi dimana sebelumnya di stages pertama sempat tertinggal. Terakhir, sesi kedua, Claim Your Throne, yang mewajibkan keempat tim ini untuk debat dengan topik yang telah disediakan. Tim Ubaya mendapatkan topik “Digitalisasi Pelaporan Pajak” dan berhadapan dengan STIE Perbanas. Semua rangkaian lomba ini diadakan sehari saja, yaitu pada 15 November 2016.

Keesokan harinya dari pagi hingga siang diadakan acara keliling Malang (Lost in Malang). Perjalanan ini bukan hanya berkeliling saja tetapi juga ada beberapa perhentian yang merupakan pos permainan. Setiap peserta dibagi kedalam beberapa tim yang telah diacak oleh panitia. Acara ini berjalan cukup menyenangkan. Kemudian malam harinya diadakan acara awarding, yaitu A Night to Remember yang merupakan acara makan bersama dan pengumuman pemenang kompetisi ini, tetapi terdapat pula penghargaan lain, yaitu diantaranya peserta teramah dengan salah satu nominasinya Yessica, peserta tergemas dengan salah satu nominasinya Yulia, peserta tercinta dengan salah satu nominasi sekaligus pemenangnya adalah Inglan. Terakhir, ditutup dengan pengumuman utamanya dan Puji Tuhan tim UBAYA berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi ini serta juara 2 dari Universitas Tarumanagara, juara 3 Universitas Widya Mandala, dan juara harapan 1 STIE Perbanas. Semua terjadi karena kuasaNya yang bekerja dalam tim kami.