Ubaya Juara I Lomba Akuntansi Tingkat Nasional fadjar November 8, 2016

Ubaya Juara I Lomba Akuntansi Tingkat Nasional

Tiga mahasiswa akuntansi Universitas Surabaya raih juara pertama dalam Kompetisi Akuntansi Airlangga 2016. Kompetisi Akuntansi Airlangga 2016 pada 6 november 2016 oleh Fakultas Vokasi. Lomba yang diselenggarakan di Kampus B Uniar ini diikuti oleh mahasiswa jurusan akuntansi dari berbagai Universitas di Indonesia. Gresyelda Lavinia Widjaja, Yessica dan Inglan Sari Budianto berhasil mengalahkan 64 kelompok lainnya, termasuk tuan rumah yaitu Universitas Airlangga.

Babak penyisihan dibagi menjadi 2 bagian, pertama mereka mengerjakan 50 soal secara individu, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan soal sebanyak 100 soal secara berkelompok. Soal-soal yang diberikan adalah seputar akuntansi dan beberapa tentang manajemen keuangan. Setelah mengikuti babak penyisihan, sebanyak 15 kelompok terpilih untuk melanjutkan ke babak semi final. Pada babak semi final, mereka kembali mengerjakan soal secara tertulis dan kemudian dilanjutkan dengan analisis kasus. Masing-masing kelompok diberikan isu-isu terkini mengenai akuntansi, setelah itu mereka diberi waktu 2 menit untuk berdiskusi. Setelah berdiskusi, kelompok dipersilahkan untuk mempresentasikan pendapat mereka selama 3 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab oleh dewan juri selama 5 menit. Topik yang didapatkan oleh Ubaya adalah mengenai Pengembangan Sistem Development Life Cycle.

Dari babak semi final, terpilih 5 kelompok terbaik yang masuk ke babak final. Babak final terdiri dari 3 bagian, pertama masing-masing kelompok secara bergantian memilih soal yang ada di kotak-kotak dan menjawab soal tersebut secara lisan. Pada bagian kedua, masing-masing kelompok diberikan 2 pertanyaan dan harus mempertaruhkan nilai mereka. Pada bagian ketiga, setiap kelompok beradu cepat dan tepat dalam menjawab 20 pertanyaan yang diberikan. Bobot nilai setiap soal akan meningkat mulai dari 5 hingga 100. Kelompok Ubaya berhasil meraih juara pertama dengan skor 701,4.

Ketiga mahasiswa semester 7 ini bukan pertama kalinya maju dalam perlombaan sebagai kelompok, mereka sudah 4 kali menjadi partner dalam lomba-lomba akuntansi, dan 3 diantaranya berhasil meraih juara 1. Mereka bertiga belajar selama 2 minggu dan membagi kepakaran masing-masing, yaitu Yessica menguasai tentang Akuntansi Keuangan, Gresyelda Lavinia Widjaja menguasai tentang Akuntansi Manajemen, sedangkan Inglan Sari Budianto menguasai Perpajakan dan Sistem Informasi Akuntansi.

“Kami sangat senang dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara satu, karena di babak penyisihan, peringkat kami adalah 11 dari 15 kelompok. Tetapi ternyata skor akhir ini bukanlah hasil akumulasi dari semua babak,” ungkap Yessica. Dalam Kompetisi Akuntansi Airlangga 2016 ini, ketiganya berhasil mendapatkan piala bergilir, piala tetap, sertifikat dan uang sejumlah Rp 4.000.000,-. Ketiga mahasiswa ini berada dibawah bimbingan Andy Setiabudi, S.E., M.Ak., CMA.