Meets the Parents Fakultas Hukum Hadirkan Mahasiswa Teladan fadjar August 4, 2016

Meets the Parents Fakultas Hukum Hadirkan Mahasiswa Teladan

Tibanya masa tahun ajaran baru 2016/2017 menjadi hal yang dinantikan oleh Universitas Surabaya. Setiap tahun, Ubaya mengadakan ‘Meets The Parents’ bagi para orang tua maharu (mahasiswa baru). Salah satu yang mengadakan acara ini pada Kamis, 28 Juli 2016 ialah Fakultas Hukum. Dalam pertemuan ini, mereka diperkenalkan dengan fakultas yang akan ditempuh putra/putrinya.

Sekitar 230 orang memenuhi Gedung Perpustakaan Lt. 5, Ubaya Tenggilis, sekitar pukul 13.00 WIB. ‘Kami dengan sangat berbahagia menyambut Bapak/Ibu semua sebagai bagian keluarga kami yang baru. Kami sangat berterima kasih. Fakultas Hukum kami juga dirancang agar mahasiswa tidak hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Kami turut memperkaya karakter anak-anak dengan beragam aktivitas kemahasiswaan,’ ucap Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum. Beliau juga memperkenalkan seluruh pimpinan Fakultas Hukum mulai dari Wakil Dekan, Ketua Laboratorium Hukum, hingga Academic Advisor (AA).

Selanjutnya, Wakil Dekan I Fakultas Hukum, Dr. Go Lisanawati, S.H., M.Hum., menyampaikan materi berisi sejarah, visi, misi, prestasi mahasiswa, kerjasama dengan instansi, hingga beragam mata kuliah dan profesi yang beragam. Kemudian yang tak kalah penting adalah penjelasan materi mengenai motto Fakultas Hukum yakni ‘bebas merokok, bebas narkoba, dan bebas sampah,’ yang disampaikan oleh Wakil Dekan II Fakultas Hukum, Dr. Elfina Lebrine Sahetapy, S.H., LL.M. Selain itu, dipaparkan pula rincian biaya studi seperti USP, UPP, dan biaya lain seperti wisuda, kepada para tamu, serta prosedur penggunaan website my ubaya dan peluang karir.

Yang unik dari acara ini adalah kedatangan salah seorang mahasiswa teladan yang membagikan pengalamannya selama studi di Ubaya. Ia bernama Bella Christiyana Santoso yang merupakan mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2014 dengan aktivitas organisasi segudang, seperti Ketua KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) Hukum Perdata, anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tahun ajaran 2015/2016, Koordinator PDD (Publikasi dan Dokumentasi) Masa Orientasi Bersama Fakultas Hukum 2016, dan sebagainya. Selain itu, mahasiswi semester 5 tersebut memiliki IPK fantastis, yakni 3,87. ‘Tips dari saya untuk mendapat IPK bagus ialah dukungan dari orang tua. Selama ini orang tua selalu mendukung saya. Disisi lain mereka juga mengawasi dan bertanya,’ tuturnya dengan ramah.

Di sesi terakhir, para hadirin diberikan kesempatan tanya jawab seputar perkuliahan maupun sistem administrasi. ‘Acaranya bagus, berbagai penjelasan yang ada membuat saya jauh lebih mengenal Ubaya. Semoga anak saya dapat beradaptasi dengan lingkungan di Ubaya,’ jelas Tri Wahyu Hartini, salah satu orang tua maharu. (slr)