3 Mahasiswa Ubaya Sabet Emas, Perak, dan Perunggu Olimpiade Nasional MIPA, Simak Perjuangan Mereka fadjar June 22, 2016

3 Mahasiswa Ubaya Sabet Emas, Perak, dan Perunggu Olimpiade Nasional MIPA, Simak Perjuangan Mereka

SURYA.co.id | SURABAYA – Tiga mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil meraih tiga medali dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2016 di Jakarta pada 23-26 Mei 2016 lalu.

Mereka adalah Yoannes Maria Vianney dari Fakultas Teknobiologi meraih medali emas kategori Biologi, Denny Gunawan mahasiswa Teknik Kimia meraih perak kategori Kimia, dan Calvin Wijaya mahasiswa Fakultas Teknobiologi peraih medali perunggu kategori Biologi.

Perjuangan mereka meraih medali tersebut melalui proses kegagalan di tahun-tahun sebelumnya. Yoannes yang meraih medali emas, sudah tiga kali mengikuti ON MIPA.

‘Tahun pertama saya ikut saya masih belum beruntung dan pulang dengan tangan kosong, tahun kedua saya mendapatkan medali perak. Baru akhirnya tahun ini saya mendapat emas,’ ceritanya pada SURYA.co.id, Selasa (21/6/2016).

Diakui mereka, kejuaraan tahun ini terasa lebih ketat karena juara yang diperebutkan lebih sedikit ketimbang tahun lalu.

‘Tahun lalu ada 25 pemenang dengan 20 medali, tapi tahun ini hanya 20 pemenang dan 15 medali yang diperebutkan. Jadi memang terasa lebih ketat persaingan antarpeserta,’ kata mahasiswa angkatan 2013 itu.

Keberhasilan mereka pun tidak lepas dari bimbingan dosen dan kakak kelas yang sebelumnya juga pernah menang ataupun mengikuti ON MIPA. Kali ini adalah tahun kelima Ubaya mengirimkan wakilnya ke tingkat nasional.

‘Memang soalnya berupa pembahasan dan penalaran yang berbasis teoritis dan agak berbeda dengan materi kuliah. Sehingga dosen dan kakak kelas membimbing kami dengan soal-soal semacam itu terus-menerus,’ tambah Denny yang mempertahankan medali peraknya dari tahun lalu.

Untuk Calvin, pengalaman dua kali mengikuti ON MIPA dan meraih medali perunggu dua tahun berturut-turut adalah hal yang sangat membanggakan.

‘Kemarin ada syukuran juga dari Fakultas, rasanya senang karena ini hasil kerja keras latihan saya selama ini. Tapi saya tidak akan berhenti, apalagi saya masih angkatan baru dan masih banyak yang harus dipelajari,’ katanya.

Mereka bertiga mendapatkan medali dan hadiah uang tunai Rp 7 juta untuk medali emas, Rp 5 juta untuk peraih medali perak, dan Rp 3 juta untuk medali perunggu.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com