UBAYA mendapatkan Penghargaan IGA 2016 fadjar May 23, 2016

UBAYA mendapatkan Penghargaan IGA 2016

Hari Sabtu, 21 Mei 2016 ndash; Universitas Surabaya (UBAYA) menerima penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2016 di Jakarta. IGA adalah sebuah program yang diinisiasi oleh The La Tofi ndash; School of CSR bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk memberikan apresiasi bagi institusi bisnis dan akademis yang secara berkesinambungan mengembangkan upaya pengelolaan lingkungan. Pada tahun ke-6 pelaksanaannya, partisipan IGA 2016 semakin banyak, kali ini diikuti oleh lebih dari 200 institusi sehingga tingkat persaingan juga semakin meningkat.

Penghargaan IGA 2016 kali ini adalah untuk yang ke-3 kalinya bagi UBAYA, setelah sebelumnya pada tahun 2012 dan 2014 mendapatkan penghargaan serupa. Pengembangan upaya pengelolaan lingkungan di UBAYA terus dilakukan, mengambil tema “Mengembangkan Potensi Diri ndash; Meningkatkan Kontribusi (From the Inside Out)” diceritakan beberapa program fisik dan non fisik yang telah dilakukan dan berguna juga bagi masyarakat di luar kampus. Bebeapa diantaranya adalah studi konversi sampah padat manusia yang telah masuk sampai pada tahap uji pada beberapa tanaman, studi optimasi penggunaan energi dan potensi pemanfaatan energi terbarukan. Program ndash; program ini tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di internal kampus namun juga berguna bagi masyarakat eksternal. Pendampingan terhadap warga rusun yang memiliki problem lingkungan dan energi telah dilakukan, selain itu secara rutin pendidikan energi dan lingkungan untuk siswa sekolah (SD dan SMP) juga telah dilaksanakan. Selain program yang disebutkan di atas, pelibatan mahasiswa dalam gerakan pengelolaan lingkungan juga mendapatkan nilai tersendiri. UBAYA telah membekali mahasiswa dengan ilmu lingkungan di mata kuliah sesuai dengan keilmuan Jurusan dan/atau Fakultas, keberadaan klub mahasiswa yang tertarik memperhatikan permasalahan energi dan lingkungan, d’YoungGREEN (d’YG) menjadi nilai tambah yang positif. Tahun ini juga, d’YG berhasil meraih Juara 1 dan Juara Harapan 1 dalam lomba pemantauan kualitas sungai yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia.

Semoga penghargaan ini dapat memotivasi seluruh civitas academica UBAYA untuk semakin memiliki kesadaran lingkungan dan mengembangkan program ndash; program kreatif yang lain.