BUSINESS VISIT PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO) fadjar November 24, 2015

BUSINESS VISIT PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO)

Tanggal 18 November 2015 Pascasarjana Universitas Surabaya berkesempatan untuk mengadakanAcara Business Visitdi mana padatahun ini tempat yang kami kunjungi adalah PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO) yang merupakan perusahaan Air Minum Dalam Kemasan atau yang sering disebut dengan AMDK yang berlokasi di Pandaan Surabaya. Acarayang bertemakan DRIVING VALUE CREATION TO GAIN COMPETITIVE ADVANTAGEdiikuti oleh kurang lebih 50 peserta ini,diketuai oleh Yunita dari Magister Akuntansi 13.

Acaradimulai pada pukul 08.30, di mana sesampainya dilokasi kami disambut dengan hangat dan ramah oleh Bapak Yusuf selaku Manajer PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO). Kata sambutan pun disampaikan baik dari perwakilan perusahaanyaitu Bapak Yusufmaupun sambutan dari Bapak Putu Anom selaku Ketua Program Studi ManajemenPascasarjanaUniversitas Surabaya, yang kemudian acara dilanjutkan dengan berbagai penjelasansingkatmengenai jumlah cabang perusahaan yang terdapat di Indonesia, kemasan yang digunakan, proses produksi pengolahan air minum yaitu dengan termasuk uji ndash; uji yang dilakukan (seperti uji mikrobiologi, kimia,danfisika),danproduk- produk yang diproduksi seperti minuman rasa buah dan demineral wateryaitu air minum dalam kemasan yang tidak mengandung mineral.

Setelah penjelasan yang disampaikan oleh pihak perusahaan selesai, tentunya hal ini justru meningkatkan antusiaspara pesertauntuk bertanya baik dari jenis pertanyaan karena adanya kebingungan atau rasa ingin tahu dari penjelasan yang disampaikan atau bahkan bertanya karena adanya pengalaman pribadi setelah mengkonsumsi produk CLEO ini, seperti salah satu peserta yaitu Ida Dipawati dari Magister Akuntansi 12 yang bertanya dan sekaligus men-sharingkan pengalaman pribadinya ketika mengkonsumsi CLEO kepada pihak perusahaan. Dan sharingtersebut ditanggapi sangat positif oleh pihak perusahaan karena hal tersebut merupakan perwakilan suara dari pihak konsumen yang harus didengarkan guna perbaikan perusahaan selanjutnya.

Setelah puas bertanya, maka selanjutnya kami semua diajak untuk berkeliling untuk melihat proses pengolahan air minum, pembuatan botol, pembuatan tutup botol, proses penguapan, hingga proses packaging. PT. Sariguna Prima Tirta menggunakan mesin ndash; mesin untuk menjalankan proses produksi, sehingga dapat mengurangi biaya pekerja, mesin ndash; mesin yang digunakan juga cukup canggih.

Melihat proses produksi, tentunya membuat peserta kembali berantusias untuk mengajukan pertanyaanbaik dari terkaitdilakukannyainspeksipada saat proses produksi berlangsung, strategi pemasaran produk, langkah ndash; langkah pengeboran, dan lambang yang terdapat dalam kemasan CLEO.Namun karena adanya halangan waktu yang membatasi kami maka sesi kedua untuk tanya jawab ini hanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit yang kemudian acara dilanjutkan dengan sambutanucapan terima kasih danpemberian piagam apresiasi dariBapak Putu Anom selakuKetua Program Studi Magister Manajemen UBAYAserta pemberian souvenir oleh Yunita selaku Ketua AcaraBusiness Visit kepada perusahaan PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO).

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini telah memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat berharga dimana kita dapat melihat secara langsung proses ndash; proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan, mengetahui kendala ndash; kendala yang dialami perusahaan, dan strategiyang diterapkan olehperusahaan untuk menghasilkan produk ndash; produk berkualitas.