Meski Tinggal di Apartemen, Anda Bisa Tetap Berkebun Lho! Pakai Konsep Ini Saja fadjar August 20, 2015

Meski Tinggal di Apartemen, Anda Bisa Tetap Berkebun Lho! Pakai Konsep Ini Saja

SURABAYA, JITUNEWS.COM – Bagi Anda yang hobi berkebun, tak perlu khawatir untuk menyalurkan hobi itu, terlebih jika Anda tinggal di apartemen. Terbatasnya lahan dan ketinggian bukanlah halangan, lho!

Nah, bagi Anda penghuni apartemen, dan ingin melakukan kegiatan berkebun, Anda bisa mengadopsi salah satu teknis berkebun bernama urbtion (Urban Solution). Urbtion merupakan salah satu solusi mengembangkan tanaman tanpa membutuhkan lahan yang banyak. Teknik ini digagas oleh mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) bernama Farika Mirna Listyo.

“Dengan urbtion, bagi para penghuni apartemen bisa menyalurkan hobi menanam bunga, tanpa perlu repot memikirkan lahannya. Karena urbtion ini juga tak banyak memakan lahan. Saya berusaha menciptakan produk ini dengan seefisien mungkin,” tutur Farika seperti dikutip dari laman okezone beberapa waktu lalu.

Urbtion karya Farika ini dilengkapi dengan berbagai perlengkapan bercocok tanam. Mulai dari gardening pot, planting tool, watering tool, gardening gloves, hingga dispenser tool. Menyoal biaya, dalam membuat konsep urbtion ini, Farika menggelontorkan biaya sekira Rp 3 juta dengan memakan waktu selama enam bulan. Dengan biaya yang tidak terlalu mahal, Farika berkeinginan untuk memproduksinya secara massal, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

“Proses pembuatannya juga tidak lama. Mulai dari konsep sampai pengaplikasiannya ini terhitung cepat kok, cuma sekira enam bulan saja. Kalau bisa dan memungkinkan dari segi modal dan tenaga, inginnya sih diproduksi massal karena produk ini juga memiliki nilai jual ekonomis dan manfaatnya banyak. Kalau diproduksi massal mungkin biaya jualnya hanya Rp 800 ribu,” tutur Farika.

Selain unik, menarik, dan efisien, agaknya urbtion ini juga multifungsi. Pasalnya, selain untuk bercocok tanam, urbtion juga dapat difungsikan sebagai media penerangan di kala malam hari. Lampu penerangan yang didesain oleh Farika ini ternyata juga mampu membantu proses pertumbuhan tanaman yang ditanam di gardening pot.

“Selain itu juga, urbtion ini bisa dimanfaatkan juga untuk tempat menaruh barang rumah tangga yang berbentuk tipis seperti majalah, buku, segala bentuk remote control, dan lain-lain. Jadi konsep ini multifungsi dan memberikan kenyamanan juga untuk para penggunanya,” pungkasnya.

Untuk jenis tanaman yang bisa diaplikasikannya sendiri, Farika menuturkan bahwa hampir semua jenis tanaman hias dalam rumah bisa diaplikasikan pada urbtion ini. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ukuran tanamannya. Tanaman yang dipakai haruslah yang berukuran sedang dan berukuran sekitar 30 cm. Sedangkan pemupukan dan jenis tanah bisa dilakukan seperti normalnya menanam tanaman di lahan rumah.

Tertarik mengaplikasikan konsep berkebun ala Farika ini? Selamat mencoba ya!