Swedish Council for Higher Education Berkunjung ke Ubaya fadjar November 25, 2014

Swedish Council for Higher Education Berkunjung ke Ubaya

Kamis, 20 November 2014 kemarin adalah hari yang bersejarah bagi Ubaya, karena pada hari itu adalah pertama kalinya Ubaya kedatangan Ingrid Gustafsson, seorang Analyst dari Swedish Council for Higher Education. Berlokasi di Meeting Room Gedung International Village, kegiatan welcoming ini dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB. Dalam rangka menyambut kedatangan Ingrid, tentunya ada para pimpinan universitas yang menghadiri kegiatan ini. Elieser Tarigan, S.Si. M.Eng., Ph.D. dan Dr. Dra. R.R. Christina Avanti, M.Si.,Apt, adalah salah satunya.

Tentunya Ingrid berpergian ratusan kilometer dari Swedia hingga ke Indonesia ini dengan tujuan penting. Tujuannya tak lain adalah untuk mem-follow-up program-program kerja sama antara Swedia dengan universitas-universitas di Indonesia. Sehingga apabila ada program kerja sama yang dirasa memberikan benefit, maka akan terus dikembangkan. Selain Surabaya, Ingrid juga berkesempatan untuk mengunjungi universitas di Bandung, Yogyakarta, dan kota lainnya.

Di Ubaya sendiri, bentuk kerjasama penelitian yang diadakan adalah antara Pusat Studi Energi Terbarukan Ubaya dan Dalarna University, Swedia mengenai solar energy. Keesokan harinya, Ingrid akan mengunjungi UTC guna melihat sekaligus memantau kondisi panel surya di sana. Bagi Ubaya sendiri, kesempatan ini juga digunakan untuk menjalin kolaborasi yang lebih baik lagi dengan Swedia sehingga semakin memperbanyak kemungkinan bagi para mahasiswa untuk pertukaran pelajar di sana. (dnl,wu)