JURUSAN MANAJEMEN BERHASIL MERAIH JUARA DALAM KOMPETISI NASIONAL THE 3rd BINNOVA fadjar August 20, 2014

JURUSAN MANAJEMEN BERHASIL MERAIH JUARA DALAM KOMPETISI NASIONAL THE 3rd BINNOVA

BINNOVA merupakan kompetisi ide inovasi bisnis sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide dan inovasi bisnis. BINNOVA merupakan kompetisi tahunan level nasional yang bertujuan terus meningkatkan “academic environment” di Jurusan Manajemen. Ide-ide inovasi bisnis ini diharapkan menjadi masukan bagi dunia bisnis dalam mengembangkan inovasi bisnis dan merealisasikannya. Bagi mahasiswa acara ini diharapkan menjadi sarana aktualisasi diri di bidang akademik untuk dunia bisnis.

Pada The 3rd Binnova yang diselenggarakan pada tahun 2014 ini, mengusung tema Inovasi dan Peremajaan Bisnis. Dimana dalam The 3rd Binnova ini, peserta diminta untuk mengemukakan ide tentang peremajaan dan perubahan pada bisnis yang telah ada dan telah mereka ketahui sebelumnya memiliki kendala keusangan dan perlunya perubahan di dalamnya. Karena pada hakekatnya diketahui bahwa perubahan selalu diperlukan apabila perusahaan tersebut ingin selalu eksis. Dan tentunya setiap perubahan dan peremajaan juga terkait dengan aspek kreativitas dan inovasi yang nantinya bisa menjadi sarana penciptaan bisnis yang baru.

Peserta kompetisi ini adalah mahasiswa S1. Peserta merupakan tim yang terdiri dari 3-5 orang (termasuk 1 pembimbing) dari berbagai Universitas di Indonesia. Proses penjurian dalam kompetisi ini dilakukan langsung oleh akademisi dan praktisi yang kompeten yang berasal dari berbagai bidang. Dimana proses penjuriannya berlangsung dalam 2 (dua) tahap. Tahap pertama penjurian untuk menentukan para finalis, dimana penjurian dilakukan secara blind review, dan penjurian tersebut dilakukan oleh para akademisi dan praktisi bisnis yang kompeten di bidangnya. Sekitar 50 tim yang masuk, akhirnya diseleksi dan diumumkan peringkat nilai untuk 10 tim terbaik yang memenuhi persyaratan, dan peringkat 1 s/d 6 berhak maju ke babak final The 3rd Binnova pada tanggal 22 Mei 2014 yang lalu.

Penjurian untuk keenam finalis lomba The 3rd Binnova ini dilakukan oleh pihak akademisi yaitu oleh Dr. Drs.ec. J.L.Eko Nugroho, M.Si., Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Yerri Purwanto, S.T., M.Si., dan Ketua Paguyuban Kewirausahaan Romi Ilham, S.Kom., M.M.

Setelah melalui seleksi dari presentasi dan tanya jawab dari para juri yang sangat ketat, akhirnya berhasil diputuskan pemenangnya adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1: Tim mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, dengan karya berjudul ‘More Cling’ memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 8.000.000,00 + piala bergilir rektor Ubaya + sertifikat.

  2. Juara 2: Tim mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (Pembimbing: Prita Ayu Kusumawardhany, LIliana Inggrit Wijaya, Noviaty K.D dan Indarini) dengan karya berjudul ‘Misoa Mirasa” memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 7.000.000,00 + sertifikat.

  3. Juara 3: Tim mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (Pembimbing: Prita Ayu Kusumawardhany, Deddy Marciano, Lanny K., Silvia M.) dengan karya berjudul “Music Art Salon” memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 5.000.000,00 + sertifikat.

  4. Harapan 1: Tim mahasiswa S1 UNS Semarang dengan karya berjudul “Jamoe Instant Kurnia Alam” memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 2.000.000,00 + sertifikat.

  5. Harapan 2: Tim mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja dengan karya berjudul “Saab Sesajen Sang Kreatif” memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 1.500.000,00 + sertifikat.

  6. Harapan 3: Tim mahasiswa S1 Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (Pembimbing: Christina R. Honantha, S.E., M.M., CPM (Asia)) dengan karya berjudul “Forget Me Not Restaurant” memperoleh hadiah berupa uang tunai Rp. 1.000.000,00 + sertifikat.