Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya fadjar October 30, 2013

Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya

Dalam rangka untuk mengaplikasikan ilmu akuntansi kepada masyarakat, program studi Akuntansi Politeknik Ubaya pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013 melakukan kunjungan ke desa binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Ubaya, yaitu Desa Tanjungan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto untuk memberikan pelatihan akuntansi dasar kepada sekitar 40 orang peserta dari Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Unit Pengelola Keuangan (UPK) di desa tersebut. Kegiatan ini melibatkan lima orang dosen, yaitu: Drs ec Bambang Herwanto M Ak, Ir Drs Setiadi Alim Lim Ak M Ak, Agung Sri wardani SE MA, Galuh Artika Febriyanti SE MSi, Diah Anugrah Sharasanti SE MM Ak, enam orang mahasiswa dari angkatan 2011, 2012, dan 2013 serta Bapak Utomo dari LPPM Ubaya. Kegiatan ini dihadiri oleh Lurah Desa Tanjungan, Camat Kemlagi dan Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Mojokerto.

Pada awal acara, Ibu Dwiyatno MSi selaku Ketua tim penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga Kecamatan Kabupaten Mojokerto dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan warga tentang akuntansi dalam UKM, sehingga diharapkan warga dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Terimakasih kepada tim dari Ubaya yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan pengetahuan pada warga kami,” tuturnya. Dalam sambutannya Ir Drs Setiadi Alim Lim Ak MAk selaku Ketua Program Studi Akuntansi Politeknik Ubaya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang telah diberikan kepada tim dari Politeknik Ubaya dan menyatakan akan selalu siap memberikan bantuan pelatihan dan konsultasi pada berbagai bidang pengetahuan yang berhubungan dengan akuntansi dan auditing, seperti akuntansi sektor publik yang mungkin dibutuhkan oleh staf keuangan pemerintah setempat.

Pemberian materi dilakukan oleh Galuh Artika Febriyanti SE MSi dan Drs ec Bambang Herwanto MAk yang menjelaskan tentang dasar-dasar pencatatan akuntansi dan pelaporan, seperti cara menjurnal transaksi yang terjadi, mem-postingke buku besar, membuat neraca saldo, dan membuat laporan laba rugi bagi UKM. Usai pemberian materi, peserta diajak untuk mempraktikkan ilmu yang telah diberikan dengan mengerjakan kasus yang telah disiapkan oleh tim dosen dengan dibimbing oleh seluruh dosen dan mahasiswa. Walaupun kegiatan diadakan di tempat yang terbuka dan dalam suasana panas, namun seluruh peserta dan tim terlihat antusias mengikuti acara ini. Acara ini ditutup dengan foto bersama.