Melalui on line UKM Surabaya terget go international fadjar June 24, 2013

Melalui on line UKM Surabaya terget go international

Bappemas Gelar Pelatihan Online Bagi UKM
Melalui on line UKM Surabaya terget go international

LENSAINDONESIA.COM : Maraknya jual beli on line disikapi Bapemas KB Kota Surabaya dengan mengadakan pelatihan bagi 120 Kelompok Pemberdaya Masyarakat (KPM) se-Surabaya, Sabtu (22/6/2013) di Ubaya, Jl.Raya Kali Rungkut.

Selama ini Bapemas KB sudah melatih para Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk pemmbuatan aneka kue, makanan maupun kerajinan. Tetapi, untuk memasarkan produknya, para pelaku UKM perlu mendapat tambahan pengetahuan tentang pengemasan, pemasaran dan siap Go Internasional lewat on line.

Ada empat jenis pelatihan yang diberikan. Desain Kemasan, Manageman Kios Elektronik, English for Bisness serta Fotografi Produk Foto Editing. Yang paling banyak peminat adalah Fotografi Produk foto editing.

Antiek Sugiharti, Kepala Bapemas KB Surabaya menjelaskan, pentingnya memasarkan produk lewat on line agar jangkauan lebih luas. Untuk itu diperlukan kemasan yang lebih menarik dan marketable.

”Mau gak mau, pelaku UKM harus mengikuti perkembangan tehnologi, jangan sampai produknya tidak laku, karena tidak bisa mengemas dengan baik, meskipun kwalitasnya bagus. Karena, bagaimanapun kemasan itu mempengaruhi nilai jual,” kata Antiek.

Pelatihan yang bekerjasama dengan Fakultas Tehnik Ubaya kali ini, bak gayung bersambut. Karena disaat UKM binaan membutuhkan pengelolaan hasil produksinya, Ubaya memberi fasilitas.

‘Alhamdulillah Ubaya memfasilitasi harapan kami. Tentunya hal ini membuka lebih banyak kesempatan bagi UKM binaan,’ ungkapnya.

Di Surabaya ada sekitar 466 Kader Pemberdayaan Masyarakat yang berarti ada 5 sampai 10 Pemberdaya Masyarakat di setiap kelurahan dan tergabung dalam Forum Kelompok Pemberdaya Masyarakat.@iwan_christiono

Sumber: https://www.lensaindonesia.com