Think Eat Save fadjar June 3, 2013

Think Eat Save

Pernahkah kita membayangkan berapa banyak sampah yang kita hasilkan dari aktivitas makan kita sehari ndash; hari ? Menurut riset global yang dilakukan oleh UNEP (United Environment Program) rata ndash; rata 30% dari total jumlah makanan yang kita konsumsi, berakhir sebagai sampah. Tahun ini, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) mengambil tema “THINK.EAT.SAVE” hal ini berlandaskan betapa signifikannya dampak dari sampah makanan yang kita hasilkan. Bukan hanya merugikan secara finansial dan buruk secara estetika, banyaknya sampah makanan juga berarti banyaknya bahan kimia, pupuk dan energi yang terbuang percuma. Hal ini juga akan berkontribusi pada banyaknya gas rumah kaca yang dapat berimplikasi pada perubahan iklim (climate change).

Universitas Surabaya ikut merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day). d’YoungGREEN (dYG), klub mahasiswa UBAYA pemerhati isu energi dan lingkungan (dibawah koordinasi Pusat Studi Lingkungan dan Pusat Studi Energi Terbarukan) mengajak semua civitas academica untuk ikut berperan dalam gerakan penghematan sampah makanan. Kampanye lingkungan dilakukan mulai tanggal 3 Juni sampai dengan 19 Juni dengan menempatkan Pohon Harapan di 5 titik lokasi di kampus Tenggilis (gazebo Fakultas Psikologi, Ruang Baca 24 Jam, gazebo Fakultas Bisnis dan Ekonomika, gazebo Fakultas Teknik dan gazebo Fakultas Farmasi). Semua civitas academica dapat terlibat dengan menuliskan ide/komitmen/mimpi terkait minimisasi sampah makanan dan pengelolaan lingkungan secara umum pada lembar kertas bekas yang disediakan di lokasi dan menempelkannya di Pohon Harapan.

Kami juga mengundang semua rekan mahasiswa, karyawan dan dosen untuk menghadiri Pos Informasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang terletak di depan Serba Guna Fakultas Teknik (SGFT) pada tanggal 5 Juni 2013. Dapatkan souvenir menarik di pos tersebut.

Mari bersama ndash; sama membangun pola hidup yang sadar energi dan lingkungan (energy environmental awareness) untuk menciptakan suasana kampus yang semakin bersih dan hijau untuk kenyamanan kita semua.

Inspirasi anda adalah inspirasi untuk Kampus dan untuk Bumi yang lebih baik”