Wagub buka Jambore Perwosi Jatim di Ubaya Training Center (UTC) fadjar May 24, 2013

Wagub buka Jambore Perwosi Jatim di Ubaya Training Center (UTC)

Wakil Gubernur Jatim, Drs H Saifullah Yusuf secara resmi membuka kegiatan Jambore Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jatim di Ubaya Training Center Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas Mojokerto. Kegiatan ini berlangsung mulai 10 hingga 12 Mei. Saifullah Yusuf dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada Perwosi yang telah ikut menyukseskan dunia olahraga Jatim. Baginya, tidak ada suami sukses tanpa di damping istri yang hebat di sampingnya.

Gus Ipul panggilan Wagub Jatim Saifullah Yusuf mengatakan, luar biasa Perwosi Jatim memang luar biasa. Selama ini Perwosi memang sudah banyak membantu pembangunan negara utamanya di bidang olahraga. Dari Jumlah atlet Indonesia yang ikut dikirim ke Asean Games, sebanyak 40 persen lebih berasal dari atlet Jawa Timur.

Untuk itu, ada satu peribahasa yang mengatakan, kalau negara atau daerahmu ingin menjadi baik dan berhasil, maka kaum perempuan di negara dan daerahmu itu harus hidup lebih baik dulu. Dan perempuan-perempuan itu harus kuat dan hebat. Sebab, bila kaum perempuannya bisa lebih baik dan berdaya guna serta ber-ilmu tinggi serta bisa ikut ambil bagian penting dalam pembangunan, maka daerah atau negara itu akan menjadi baik dan bertambah baik.


Oleh karena itu, Pemprov Jatim dalam hal ini Pakde karwo dan Gus Ipul terus menyisihkan dan menambah anggaran untuk membantu dan mensupport kegiatan pemberdayaan perempuan. Seperti, lewat program pemberdayaan perempuan, kopwan atau program pemberdayaan perempuan lainnya
Ketua Umum Perwosi Jatim, Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf mengatakan tema dari Jambore Perwosi yaitu Jambore Perwosi 2013 merupakan wahana keakraban dan kebersamaan dalam menggerakkan olahraga. Peserta jambore Perwosi yaitu seluruh pengurus cabang kabupaten dan kota se Jatim yang berjumlah kurang lebih 450 peserta.

Sejak berdirinya Organisasi Persatuan Wanita Olah Raga Seluruh Indonesia (Perwosi) yaitu pada 20 mei 1967, baru Tahun 2013 inilah pertama kalinya Perwosi Pengprov Jawa Timur mengadakan kegiatan Jambore.

Jambore Perwosi Pengprov Jatim Tahun 2013 ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahunnya yang ke 46. Sebab, sejak didirikannya organisasi ini Perwosi Pengda Jatim belum pernah mengadakan Jambore. Untuk itu, tahun 2013 ini merupakan awal dari semua agenda kegiatan Perwosi untuk menata program dan rencana kerja yang lebih baik. Karena Perwosi merupakan tempat untuk mencari bibit unggul bidang olah raga. Dan melalui Jambore Perwosi inilah bisa mencari cikal bakal dari berbagai bidang olahraga untuk dicetak menjadi bibit olahraga yang andal.

Jambore adalah merupakan wahana keakrapan dan kebersamaan dalam menyelenggarakan Olahraga, untuk itu kegiatan ini dilaksanakan di tempat terbuka. Tujuannya adalah agar semua para peserta dan penyelenggara bisa hidup menyatu dengan alam, walaupun zonanya kurang bagus tapi kaum wanita tidak dan pantang menyerah demi tujuan pembangunan bumi pertiwi yaitu bidang olahraga.

Alam bebas seperti di UTC ini sangat bersih udaranya, dan sejuk serta lengkap dengan segala aspek kehidupan yang alami dan bersahabat. ‘Jadi, sangat baik dan cocok untuk menyatukan gerak langkah Perwosi dalam melaksanakan kegiatan Jambore. Karena, Jambore perwosi yang pertama kali didadakan ini memilih model Camping atau kemah yang semua kegiatannya harus dengan gerak dan berada di luar gedung. Baik tidur ataupun kegiatan lain,’ tegasnya.


Jambore dengan konsep camping/kemah ini dengan tujuan untuk melatih kepemimpinan, management, organisasi komunikasi yang dikemas dalam satu permainan di alam terbuka. Sedang tujuan secara umum adalah agar seluruh pengcab Perwosi bisa saling bersilahturahim, saling bertukar pikiran serta wawasan serta pengalaman. Dengan harapan, para peserta, dapat mencintai alam dan lingkungannya serta bisa melatih ketahanan fisik dan mental dalam kondisi apapun, namun tetap diisi dengan pembekalan tentang kepemimpinan, management, organisasi dan komunikasi.

Fatma Saifullah Yusuf berharap semoga kegiatan ini akan bermanfaat yang luar biasa dan mempunyai kenangan yang tidak terlupakan. Karena dengan kenangan itu yang baik, saya yakin pasti ke depan kegiatannya akan lebih baik lagi dan lebih bermanfaat bagi orang banyak,’ harapnya. (her)

Sumber: https://kominfo.jatimprov.go.id