Creative be fun ala MANIAC 2013 fadjar March 23, 2013

Creative be fun ala MANIAC 2013

Tidak selalu kita harus berpikir keras untuk mencoba menciptakan inovasi. Terkadang kita perlu sedikit bermain sebelum berinovasi. Untuk hal ini, MANIAC 2013 merupakan bukti otentik akan pernyataan tersebut.

Berbekal konsep Triathlon Games dan tema Creative be Fun, acara ini mampu menarik antusias peserta. Acara yang sebenarnya adalah agenda rutin tahunan ini pun menjadi salah satu acara yang sangat menarik.

Sesuai konsepnya, acara ini dibagi menjadi tiga babak, yakni lomba Fotografi, Videografi dan Program Flash. Pada hari pertama diselenggarakan dua lomba yakni Fotografi dan Videografi. Namun berbeda dari tahun sebelumnya, lomba fotografi kali ini meliputi foto model dengan sponsor, plastisin dan landscape ini dan dikonsepkan sebagai rally games yang mengasah otak dan menguji teamwork tiap kelompok peserta. Sisi petualangan pun dapat terlihat pada sesi fotografi model dengan sponsor dan plastisin. Karena sebelum dapat mendapatkan kesempatan memfoto model dan plastisin, peserta harus menyelesaikan serangkaian games yang bertempat di SGFBE untuk mendapatkan poin. Nantinya poin tersebut ditukarkan dengan kesempatan memfoto model dan plastisin.

Tahap lomba selanjutnya pun tidak kalah menarik. Berbekal briefing yang diberikan panitia sebelum lomba dan konsep yang telah ditentukan sebelumnya ternyata mampu menarik antusiasme seluruh peserta dalam mengikuti lomba yang bertujuan untuk mempromosikan jurusan Multimedia Ubaya ini. Hal ini tampak dari keseriusan peserta dalam mengikuti rangkaian acara lomba meskipun saat itu sedang hujan deras dari sesi pengambilan materi diluar ruang hingga editing di ruang SGFBE.

Pada hari terakhir dilangsungkan lomba seputar program flash sebagai multimedia interaktif dan diakhiri dengan presentasi di depan juri yang beranggotakan Pak Richard, Yohanes dan Ongko. Pada lomba ini, peserta diberi waktu 6 jam untuk menggambarkan Ubaya secara umun dan jurusan Multimedia.
Proses penjurian pun terbilang cukup unik karena mengusung konsep komentator selayaknya juri-juri pada acara reality show namun cukup membantu para peserta agar dapat meningkatkan kemampuannya dikemudian hari.

Acara diakhiri dengan kemenangan tim 4 dari SMA Kr Petra 2 untuk kategori fotografi terbaik, tim 21 dari SMAN 1 Batu untuk kategori Videografi terbaik, tim 15 dari SMA Kr Petra 1 untuk kategori flash interactive terbaik serta kemenangan tim 4 dari SMA Kr 2, tim 7 dari SMA Kr Petra 5 dan tim 15 dari SMA Kr Petra 1 sebagai juara 3, 2 dan 1. (Eph)