Kerja sama Pemkot Surabaya dengan Ubaya dalam pembuatan peta digital kota Surabaya fadjar December 20, 2012

Kerja sama Pemkot Surabaya dengan Ubaya dalam pembuatan peta digital kota Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya, dalam hal ini dilaksanakan oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang mengandeng Universitas Surabaya dalam pembuatan peta digital Kota Surabaya. Pengubahan peta dalam bentuk kertas di-convert menjadi peta digital yang dapat ditampilkan dalam web Geographic Information System (GIS), bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Untuk melaksanakan hal ini, pada tanggal 20 Desember 2012 dilakukan penandatangan Piagam Kerjasama antara Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (CKTR) Pemkot Surabaya dengan Fakultas Teknik Ubaya. Pada kerjasama ini Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Ubaya membantu melakukan digitasi peta-peta kota surabaya yang lama ke bentuk digital. Dalam pembuatan peta digital kota Surabaya ini, sebagai ketua tim adalah Daniel Hary Prasetyo dosen Teknik Informatika Ubaya
Agus Imam Sonhaji, Kepala Dinas CKTR, mengatakan Pemkot Surabaya selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan ke publik. Sebagai contoh, dengan GIS ini masyarakat akan mendapatkan kemudahan mencari informasi terkait pengurusan IMB. Amelia Santoso Dekan FT Ubaya menyambut baik kerjasama ini. Dengan kerjasama ini dosen dan mahasiswa bisa menerapkan ilmunya dan menambah pengalaman dan wawasan. Diharapkan kerjasama ini dapatberlanjut pada bidang-bidang yang lain.