ICT Belanda Gandeng Ubaya Buat Edutainment fadjar July 26, 2012

ICT Belanda Gandeng Ubaya Buat Edutainment

SURABAYA ndash; Fakultas Teknik Jurusan Informatika Universitas Surabaya (Ubaya) melakukan penandatangan kontrak kerja sama dengan Stichting OWG Netherland dan magang internasional, di Eduliga BV Netherland. Memorandum of Understanding (MoU) untuk melakukan riset center edutainment berbasis ICT (Information and Communication Tehnology) ini, dilakukan di Meeting Room International Village Kampus Tenggilis Universitas Surabaya, Rabu (25/7).

Stichting OWG merupakan perusahaan ICT swasta di Belanda yang peduli dengan dunia pendidikan. Untuk bentuk kerja sama nanti, antara lain membuat buku dongeng pendidikan Indonesia dalam bentuk software, sehingga anak-anak lebih mudah mengakses.

Selain itu, pendidikan umum anak-anak di jenjang SD hingga SMA diubah menjadi program edutainment yang menarik untuk dipelajari. Misalnya, dengan menggunakan
media berupa animasi, gambar bergerak, voice dan sound effect yang menarik. Sehingga, hasil akhirnya nanti adalah buku yang didigitalkan. Hasil digital ini juga beragam, bisa berupa software ataupun aplikasi pada gadget, baik tablet maupun handphone.

‘Kerja sama riset center ini menarik karena topik-topik terkait edutainment seperti edu-games, pembelajaran interaktif, e-learning dan masih banyak lainnya,’ kata Rektor Ubaya-Prof Ir Joniarto Parung PhD.

Menurut Joni, program-program ini nantinya bisa menjadi media pembelajaran anak-anak dari SD sampai SMA di dalam kelas. Sebab, buku yang didigitalkan bersumber dari Balai Pustaka. Bahkan, nantinya, program edutainment ini akan teraplikasi lewat handphone. Riset program edutainment ini rencana diselesaikan
hingga akhir 2012. Diharapkan, pada tahun 2013, sudah bisa diproduksi massal dan didistribusikan di Belanda dan Indonesia.

Selain MOU riset edutainment berbasis ICT, masih ada program magang internasional. Program magang internasional ini diperuntukkan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, program kekhususan Sistem Informatika maupun Multimedia. Magang dilakukan selama tiga bulan di Eduliga BV Netherland. (nin/rie/kin)

Sumber: Radar Surabaya