PTS Tawarkan Beasiswa Prestasi fadjar June 7, 2012

PTS Tawarkan Beasiswa Prestasi

SURABAYA-Tak hanya kalangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja yang tertartik menawarkan beasiswa bagi siswa berprestasi. Namun, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun nenawarkan hal serupa untuk menampung siswa-siswa berprestasi.

Salah satunya di Universitas Surabaya (Ubaya). Kampus swasta di kawasan Tenggilis ini menawarkan jalur khusus bagi mahasiswa berprestasi. Namun, Ubaya tak hanya melihat hasil prestasi Ujian Nasional (Unas) siswa. Melainkan juga melihat nilai akademisnya mulai kelas X-XI.

“Kami mengedepankan proses bukan hanya nilai Unas saja , mereka harus konsisten dengan prestasi akademis, “kata Rektor Ubaya Prof. Ir Joniarto Parung Ph.D.
Ada sekitar 10 daerah yang menjadi bidikan calon sumber mahasiswa berpestasi ini. Yakni, Surabaya, Malang, Jember, Sidoarjo, dan beberapa daerah di Jawa Tengah. “Mereka ini termasuk kategori platinum dan mendapatkan proritas, selain itu ada 5 SMA lainnya yang mndapat kategori gold” ucapnya.

Universitas Kristen (UK) Petra juga membuka jalur khusus untuk calon mahasiswa berprestasi. Rapor siswa menjadi patokannya. Untuk sekolah-sekolah yang menjalin kerjasama dengan UKP Surabaya, maka akan mendapat prioritas tanpa test.

“Sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan kita ini, tentu saja yang punya akreditasi yang bagus, “ terang Kabid Informasi Informasi studi UKP Wiwekohadi.
Rektor Univeristas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Ulul Albab tidak mau kalah. Ia mengaku telah membuka berbagai program berprestasi. Diantaranya beasiswa selama setahun. “ Kalau dalam setahun masih berprestai,Unitomo akan menambah beasiswanya lagi,” katanya (nin/jay)

Sumber: Radar Surabaya, 31 Mei 2012